Sukses

Ahok Berangkatkan 30 Marbot Masjid Umrah Gratis

Untuk teknis pemberangkatan para Marbot masjid tersebut, kata Bambang, akan dikoordinir melalui Dewan Masjid Indonesia (DMI).

Liputan6.com, Jakarta - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menggagas ide untuk memberangkatkan para marbot atau penjaga masjid umrah secara gratis oleh Pemprov DKI Jakarta. Ahok menginginkan agar para penjaga masjid tersebut, selain mendapatkan gaji juga dapat merasakan nikmatnya beribadah ke tanah suci.

"‎Beliau (Ahok) yang mempunyai ide, tahun lalu marbot hanya diberi gaji dan belum umrah. Kalau sekarang Pak Plt Gubernur minta supaya marbot masjid itu lebih diperhatikan, jadi selain diberi gaji tiap bulannya juga diumrahkan," ujar Asisten Sekda bidang Kesejahteraan Masyarakat DKI Jakarta Bambang Sugiyono, di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (11/11/2014).

Untuk teknis pemberangkatan para Marbot tersebut, kata Bambang, akan dikoordinir melalui Dewan Masjid Indonesia (DMI). Adapun anggarannya menurut dia, pihaknya telah mengucurkan dana sebesar Rp 10,1 miliar untuk gaji para Marbot di DKI yang besarannya sekitar Rp 200 ribu dan biaya pemberangkatan umrah.

Karena keterbatasan anggaran, Bambang mengatakan, pihaknya harus menyeleksi para marbot yang berhak untuk berangkat umrah. Untuk tahun ini, sebut dia, ada sebanyak 30 marbot Masjid yang akan diberangkatkan ke tanah suci. Mereka merupakan hasil seleksi dari 3140 marbot dari 300 masjid di Jakarta.

"Para penjaga masjid yang diprioritaskan ini yang betul-betul rajin bekerja, sudah sepuh, tidak memiliki penghasilan lain selain menjadi marbot, serta penjaga masjid yang masjidnya kecil belum banyak 'tersentuh' orang," kata dia.

Bambang pun mengaku, kuota 30 jatah umrah bagi para marbot itu tiap tahunnya akan terus bertambah. Penambahan tersebut, menurutnya merupakan perintah yang langsung disampaikan Ahok kepadanya.

"Tiap tahun, mungkin sekali atau 2 kali, marbot diberangkatkan umrah. Untuk marbot yang sudah pernah diberangkatkan umrah, ya beri kesempatan pada penjaga masjid lainnya. Pak Basuki bilang semua orang yang bekerja di masjid itu pasti orang baik, makanya perlu diberi penghargaan," kata Bambang. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini