Sukses

Ahok: Sepeda Motor Dilarang Lintasi Bundaran HI Agar Tak Celaka

Ahok mengakui pembatasan kendaraan bermotor ini tidak baik untuk politik dan popularitas. Tapi Ahok mengatakan tidak peduli.

Liputan6.com, Jakarta - Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengakui rencana Pemprov DKI Jakarta melarang pengendara motor melewati kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) hingga Jalan Medan Merdeka Barat, akan ditentang banyak pengendara. Menurut Ahok, aturan tersebut diterapkan semata-mata untuk keselamatan para pengguna sepeda motor yang mayoritas berasal dari luar wilayah DKI Jakarta.

"Kamu capek dari Bekasi, Depok, sudah macet-macet bawa motor. Sampai tengah kota, kamu capek, eh belum lagi kalau tengah kota panas saat siang-siang, kamu tabrakan, sudah celaka. Apalagi kalau naik motor psikologisnya kan pengen nyelip-nyelip, kalau kesenggol sedikit celaka," ujar Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa, (11/11/2014).

Ahok juga yakin, bila aturan itu diterapkan akan banyak pengendara motor yang melanggar. Ia mengatakan memahami hal ini. Sebab, karakteristik warga yang telah terlanjur mengendarai sepeda motor akan sulit beralih menggunakan kendaraan umum, walaupun disediakan secara gratis.

"Percaya sama saya, orang nggak suka disuruh pindah bus. Naik motor itu paling enak, kapan naik dan kapan berhenti seenaknya, lawan arus, potong arah, paling enak deh. Nggak ada lebih enak dari bawa motor. Makanya nanti pasti banyak yang pakai jalur alternatif (di luar zona yang dilarang)," ucap Ahok.

Dia pun tetap bersikukuh akan tetap melaksanakan aturan tersebut. Tujuannya, untuk mengurangi angka kematian pengendara yang setiap tahun jumlahnya terus bertambah. Ahok pun tak peduli bila kebijakan tersebut nantinya akan membuat dirinya semakin di hujat warga Jakarta.

"Saya tahu ini kebijakan tidak baik untuk politik dan popularitas. Saya nggak peduli. Yang penting kamu nggak mati saja sudah. Naik motor itu kalau sudah nyelip-nyelip kena stang, nyenggol, itu sudah," kata Ahok.

Rencananya pembatasan kendaraan bermotor melintas di kawasan HI hingga jalan Medan Merdeka Barat akan diberlalukan mulai Desember tahun ini. ‎ (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini