Sukses

Pelajar Home Schooling Ubah Pelepah Pisang Jadi BBM

Menjelang kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), maka kreativitas mendapatkan energi terbarukan bisa menarik perhatian masyarakat.

Liputan6.com, Semarang - Seorang pengajar home schooling di Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah, memiliki ide untuk mengubah limbah pelepah pisang menjadi bahan bakar alternatif.

Seperti ditayangkan  Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (11/11/2014), pertama-tama pelepah pisang dipotong potong kemudian difermentasi dengan menggunakan tetes tebu. Aduk merata hingga ke pangkal potongan pelepah. Setelah itu simpan dalam kantong plastik.

Selama 3 hari setelah berubah menjadi asam, pelepah pisang diperas. Air hasil saringan lalu dimasukkan dalam bejana penyulingan. Hasil sulingan itulah yang nanti bisa dipakai sebagai bahan bakar.

Menjelang kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) oleh pemerintah, maka kreativitas mendapatkan energi terbarukan semacam ini bisa jadi akan menarik perhatian masyakarat yang akan kesulitan mendapatkan BBM yang harganya semakin tinggi. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini