Sukses

Bendungan Katulampa Siaga IV, Warga Jakarta Diminta Waspada

Hujan deras yang mengguyur wilayah Bogor mengakibatkan debit air di Bendungan Katulampa naik mencapai ketinggian 80 cm atau Siaga IV.

Liputan6.com, Bogor - Hujan deras yang mengguyur wilayah Bogor dan sekitarnya sejak Senin siang mengakibatkan debit air di Bendungan Katulampa Bogor, Jawa Barat, kembali naik mencapai ketinggian 80 centimeter atau status Siaga IV. Ketinggian di bendungan tersebut sebelumnya sempat turun menjadi 30 cm atau level normal.

Kepala Posko Bendungan Katulampa Andi Sudirman mengatakan volume air di Sungai Ciliwung sempat mengalami penurunan sejak dini hari kemarin. Namun karena di wilayah puncak seperti Rindu Alam, Taman Safari dan Gadog turun hujan sejak pagi, ketinggian air naik lagi sekitar pukul 17.00 WIB. Diperkirakan, volume air yang mengalir di Sungai Ciliwung sebanyak 90 ribu liter per detik.

"Kemarin sore sempat naik di angka 50 cm. Sekarang naik lagi menjadi angka 90 cm. Jika di Puncak terus mengalami hujan, diprediksi ketinggian bisa meningkat," kata Andi kepada Liputan6.com, Senin (10/11/2014).

Pihak Katulampa menurut dia akan terus berkoordinasi dengan penjaga pintu air di kawasan Puncak dan di Depok untuk terus memantau kenaikan volume air di aliran Sungai Ciliwung.

"Untuk itu warga yang berada di pinggiran Sungai Ciliwung untuk terus waspada dan berhati-hati dengan kondisi saat ini," imbau Andi.

Pantauan cuaca saat ini di wilayah Bogor masih hujan dengan intensitas sedang dan tinggi. Bila hujan terus terjadi selama beberapa jam ke depan, dimungkinkan volume air akan bertambah. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.