Sukses

Peringati Hari Pahlawan, Ribuan Warga Surabaya Ikuti Parade Juang

Risma mengatakan, acara ini diselenggarakan untuk memperingati Hari Pahlawan serta untuk mengajarkan generasi baru menghargai jasa pejuang.

Liputan6.com, Surabaya - Ribuan warga menggelar acara parade Surabaya Juang di Tugu Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur, Minggu 9 November. Acara ini digelar untuk memperingati Hari Pahlawan 10 November. Para peserta parade datang dengan menggunakan kostum pejuang serta pakaian adat nasional.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Senin (10/11/2014), dalam acara ini, para peserta saling menunjukkan kreatifitasnya dengan dandanan ala pejuang tempo dulu.

Peserta parade yang mengendarai mobil Jeep dan kendaraan tentara diberangkatkan dari Jalan Pahlawan di sekitar Tugu Pahlawan oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini. Peserta parade Surabaya Juang ini melewati rute sejumlah jalan protokol dan berakhir di Balai Kota Surabaya.

Risma mengatakan, acara ini diselenggarakan untuk memperingati perjuangan para pahlawan. Juga untuk mengajarkan kepada generasi baru untuk menghargai jasa pejuang. Karena perjuangan merebut kemerdekaan itu tidak mudah dan penuh pengorbanan.

"Momen-momen perjuangan saat itu yang dilakukan oleh arek-arek Suroboyo kejadiannya memang berbeda dengan kota-kota lain. Jadi supaya anak-anak kita tahu bahwa perjuangan itu diraih dengan cara yang tidak mudah dan dengan mengorbankan jiwa raga. Maka kita adakan acara ini," jelas Risma.

Selain parade, aksi teatrikal juga digelar dalam rangkaian acara peringatan Hari Pahlawan. Para peserta yang mengenakan kostum pejuang ini memperagakan perlawanan terhadap penjajah untuk mempertahankan kemerdekaan RI.

Aksi tersebut mencerminkan perlawanan arek-arek Suroboyo melawan serangan tentara Inggris yang akan menjajah Indonesia pada tahun 1945. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini