Sukses

Misi Jokowi ke 3 Negara

Jokowi menghadiri acara internasional di tiga negara, yakni Tiongkok, Myanmar, dan Australia.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama sejumlah menteri terkait terbang ke 3 negara untuk mengikuti sejumlah agenda internasional. Yakni agenda Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Pacific Economy Community (APEC) di Tiongkok, KTT ASEAN di Myanmar, dan G-20 di Australia.

Dalam tugas dinas perdana ke luar negeri itu, Jokowi akan ‎membawa misi kepentingan nasional di dunia internasional. Seperti pertumbuhan ekonomi Indonesia dan sejumlah hal lain ke depan.

"Bagi kita kan kepentingan nasional kita apa, kepentingan regional-nya apa. Tentu kepentingan nasional kita, bagaimana ekonomi tumbuh, bagaimana investasi, infrastruktur meningkat. Ini kan business to business," ujar Wakil Presiden Jusuf Kalla usai melepas Jokowi dan beberapa menterinya terbang di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (8/11/2014).

Salah satu isu kepentingan nasional yang akan disampaikan Jokowi adalah soal poros maritim dunia yang tengah dibangun Indonesia. Namun JK mengaku belum tahu apakah negara lain akan menyambut dengan baik atau tidak ide poros kemaritiman tersebut.

"Tentu Pak Jokowi akan sampaikan ide dan program Indonesia. Tapi bagaimana tanggapan mereka kan tergantung kepentingan masing-masing," ujar JK.

Jokowi dijadwalkan akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi  (KTT) Asia Pasific Economic‎ Community (APEC) di Tiongkok, KTT ASEAN di Myanmar, dan G20 di Australia pada pekan depan. Nantinya, Jokowi akan menemui sejumlah petinggi dunia, termasuk Presiden Amerika Serikat Barack Obama. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini