Sukses

Ratusan Pelajar Surabaya Peringati 10 November ke Museum Pahlawan

Museum 10 November merupakan salah satu bangunan yang menjadi saksi perjuangan arek-arek Suroboyo.

Liputan6.com, Surabaya - Ratusan siswa SMP dan SMA se-Surabaya mengunjungi Museum 10 November di Tugu Pahlawan yang berada di Jalan Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (8/11/2014), para siswa itu berkunjung ke Museum 10 November untuk mengetahui sejarah perjuangan arek-arek Suroboyo dalam merebut kemerdekaan dari penjajah.

Sebelum menjadi Tugu Pahlawan, bangunan itu adalah Gedung Read Van Justice yang dahulu sempat digunakan sebagai Markas Kenpetai pada masa penjajahan Jepang. Tugu Pahlawan diresmikan pada 10 November 1952 oleh Presiden pertama Indonesia, Sukarno.

Museum 10 November merupakan salah satu bangunan yang menjadi saksi perjuangan arek-arek Suroboyo. Di museum itulah tempat di mana terdapat miniatur perjuangan arek-arek Suroboyo.

Tak hanya itu ada juga beragam benda bersejarah peninggalan para pejuang kemerdekaan, seperti bambu runcing maupun senjata mesin yang digunakan arek-arek Suroboyo untuk melawan penjajah pada masa pemerintahan Jepang.

Para siswa berharap agar Pemerintah Kota Surabaya lebih memperhatikan tempat-tempat bersejarah yang ada di Surabaya. Agar masyarakat tertarik untuk mengunjungi tempat-tempat bersejarah guna mengenang perjuangan arek-arek Suroboyo dalam membela Tanah Air. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini