Sukses

China-Jepang Sepakat Redakan Ketegangan Sengketa Pulau

Secara praktis kepulauan yang disebut Diaoyu di China dan Senkaku oleh Jepang itu dikuasai oleh Jepang.

Liputan6.com, Beijing - Pemerintah China dan Jepang sepakat meredakan ketegangan kedua negara. Terutama, terkait dengan kepulauan yang menjadi sengketa di Laut Cina Timur.

"Mekanisme manajemen krisis sudah didirikan untuk mencegah situasinya memburuk," beber pihak Kementerian Luar Negeri China seperti dikutip dari BBC, Sabtu (8/11/2014).

Secara praktis kepulauan yang disebut Diaoyu di China dan Senkaku oleh Jepang itu dikuasai oleh Jepang.

Kesepakatan ini merupakan terobosan diplomatik yang menurut laporan media bisa mengarah pada pertemuan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, dengan Perdana Menteri Jepang, Xi Jinping.

Laporan-laporan tersebut mengatakan ada kemungkinan kedua pemimpin bertemu di sela-sela pertemuan puncak APEC di Beijing pekan depan. Bila terwujud, maka akan menjadi pertemuan pertama antara keduanya setelah Abe berkuasa tahun 2012 dan Xi pada 2013.

Pihak Kemenlu China menambahkan, pejabat tinggi kedua negara sudah mencapai 4 kesepakatan, antara lain mengakui perbedaan posisi atas kepulauan itu. Mereka juga sepakat mencegah situasinya meningkat dengan menempuh dialog dan konsultasi, serta membentuk mekanisme krisis manajemen.

Sengketa atas kepulauan itu meningkat dalam dua tahun terakhir. Terutama setelah pemerintah Jepang membeli 3 dari 5 pulau di Kepulauan Senkaku.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.
    Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.

    Jepang

  • Sengketa Pulau