Sukses

Antrean Mengular di SPBU Sibolga, Palangkaraya, dan Lumajang

Antrean panjang warga terjadi di SPBU Kebun Jambu, Sibolga, Sumatera Utara.

Liputan6.com, Sibolga - Antrean panjang warga terjadi di SPBU Kebun Jambu, Sibolga, Sumatera Utara. Di tengah antrean kendaraan termasuk juga truk-truk.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Kamis (6/11/2014), puluhan jeriken juga sedang memborong bahan bakar minyak (BBM) jenis solar dan premium, bahkan pemilik jeriken diberikan prioritas untuk mendapatkan BBM jenis solar.

Seorang pemilik jeriken yang mengaku nelayan menyebutkan bahwa ia perlu BBM dalam jumlah besar untuk mengisi beberapa kapal yang akan melaut.

Dikhawatirkan BBM bersubsidi itu justru akan disimpan dan baru dijual saat harga naik. Namun tak satu pun pengelola SPBU yang memberi penjelasan terkait dengan aksi borong BBM bersubsidi menggunakan jeriken.

Antrean kendaraan juga terlihat pada 2 SPBU di Jalan Imam Bonjol, Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Sudah hampir 1 pekan antrean kendaraan mewarnai sejumlah SPBU meski pengelola SPBU mengaku pasokan tidak berkurang dalam 1 bulan terakhir.

Sementara di Lumajang, Jawa Timur, guna mengantisipasi aksi borong BBM, sejumlah SPBU dijaga oleh polisi. Beberapa kendaraan yang mengisi BBM dipantau, termasuk memeriksa tangki kendaraan.

Begitu juga dengan pembeli yang menggunakan jeriken harus memperlihatkan surat dari kepolisian dan kepala desa sebelum diperbolehkan membeli BBM bersubsidi menggunakan jeriken di SPBU. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.