Sukses

Nasdem: Gerindra dan PAN Tak Masalah Kocok Ulang Pimpinan Komisi

Patrice Rio Capella, mengungkapkan Fraksi Partai Gerindra dan PAN dari KMP setuju untuk dilakukan kocok ulang pimpinan komisi dan AKD.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota DPR dari Fraksi Nasdem, Patrice Rio Capella, mengungkapkan ada 2 fraksi dari Koalisi Merah Putih (KMP) yang setuju untuk dilakukan kocok ulang pimpinan komisi dan alat kelengkapan dewan (AKD), yaitu Partai Gerindra dan PAN.

"Saya sudah ketemu Fadli Zon (Gerindra). Dia menyatakan tidak ada masalah. PAN juga tidak ada masalah kocok ulang," ungkap dia di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (6/11/2014).

Namun, Patrice belum dapat memastikan apakah fraksi lainnya di tubuh KMP juga setuju pemilihan pimpinan komisi diulang kembali. Sebab, diakui kesepakatan bersama dengan KMP belum terjalin.

"Saya tidak tahu partai lain. Tapi yang jelas 2 partai itu bilang tidak ada masalah," jelas dia.

Wacana kocok ulang pimpinan komisi dan AKD dianggap sebagai salah satu cara untuk menyelesaikan pertikaian politik di DPR. Apabila asas proporsionalitas digunakan, maka jatah pimpinan komisi di luar pimpinan dewan adalah 28 pimpinan untuk KIH dan 35 pimpinan untuk KMP. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini