Sukses

Kloter Terakhir Jemaah Haji Tak Nginap di Asrama

Seluruh haji kloter terakhir akan diperiksa kesehatannya di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 440 haji kelompok terbang (kloter) terakhir DKI Jakarta tidak menginap di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur. Mereka langsung pulang ke rumah masing-masing.

"Saat ini mereka dalam perjalanan menuju Tanah Air. Mereka diperkirakan tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Kamis (6 November 2014) pukul 02.00 WIB," kata Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Debarkasi DKI Jakarta, Sugito, Rabu (5/11/2014).

Sugito mengemukakan seluruh haji akan diperiksa kesehatannya di bandara. Kemudian mereka akan dibawa ke Asrama Haji DKI Jakarta untuk mengambil barang-barangnya, termasuk air zam-zam.

"Setelah itu mereka langsung pulang ke rumah masing," ujar dia.

Haji kloter terakhir ini berasal dari Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. Mereka terdiri dari 183 pria dan 257 wanita. Kondisi kesehatan mereka setelah menjalani ibadah haji belum diketahui.

Namun PPIH memastikan pemeriksaan kesehatan dilakukan sebelum mereka berangkat ke Tanah Suci. Berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan, disimpulkan mereka layak menjalani ibadah haji. "Karena itu pemeriksaan kesehatan mereka dilakukan setelah tiba di bandar," papar Sugito.

Dia mengatakan acara serimonial menyambut haji yang baru tiba di Tanah Air diselenggarakan tadi siang di Bandara Halim Perdanakusuma. Acara itu dihadiri Wakil Menteri Luar Negeri. "Acara itu bersamaan dengan kedatangan haji dari Jawa Barat," pungkas Sugito. (Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.