Sukses

Kebakaran Hutan di Lereng Gunung Agung Meluas

Kebakaran hutan di lereng Gunung Agung, gunung tertinggi di Bali, dari semula yang hanya 15 hektare terus meluas.

Liputan6.com, Amlapura - Kebakaran hutan di lereng Gunung Agung, gunung tertinggi di Bali yang terletak di Kabupaten Karangasem, Bali Timur, dari semula yang hanya 15 hektare terus meluas.

"Selain di lereng bagian timur yang meliputi Kecamatan Abang dan Kubu, kebakaran hutan juga terjadi di Kecamatan Selat," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karangasem, Bali, Ida Bagus Arimbawa, Rabu (5/11/2014).

Ia mengatakan, untuk di wilayah Kecamatan Selat, titik api sudah mendekati Pura Telaga Mas, Pasar Agung. Petugas gabungan telah berupaya memadamkan api, namun hanya bisa dengan membuat pembatas agar api tidak sampai ke bawah.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, sedikitnya petugas mencatat ada sekitar 20 titik api di lereng Gunung Agung. Sejak Septembar 2014 ratusan hektare hutan hangus terbakar. Selain karena ulah manusia, terbakarnya hutan juga akibat musim kemarau yang berkepanjangan.

Akhir Oktober lalu sekitar 15 hektare lahan hutan di lereng Gunung Agung yang berlokasi di wilayah hutan Gunung Abang Agung, Dusun Kedampal, Desa Datah, Kecamatan Abang, juga terbakar.

Amukan si jago merah yang terjadi sejak Sabtu pekan lalu belum berhasil ditangani akibat lokasinya jauh di puncak gunung. Petugas polisi hutan Abang bersama masyarakat tidak bisa berbuat banyak meski sudah sempat berada di titik api.

Tiupan angin disertai panas yang cukup menyengat membuat api tidak bisa dikendalikan. Bahkan, petugas dan warga kebingungan karena api secara cepat menghanguskan pepohonan.

Kendati petugas dan warga berusaha memadamkan api, karena tiupan angin kencang api tidak bisa dipadamkan. Sejak tadi pagi, petugas yang terdiri dari BPBD Karangasem, polisi hutan, serta warga hanya melakukan pemantauan dari bawah. (Ant/Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.