Sukses

JK Bakal Jadi Pembicara Forum Perdamaian Dunia

Wapres Jusuf Kalla atau JK dianggap sebagai salah satu tokoh yang concern pada perdamaian.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla didaulat menjadi pembicara dalam Forum Perdamaian Dunia ke-5 (The 5th World Peace Forum/WPF) pada 21-23 November 2014 mendatang. Pria yang karib disapa JK itu dianggap sebagai salah satu tokoh yang concern atau perhatian terhadap perdamaian.

"Pak Wakil Presiden Yusuf Kalla sudah mengonfirmasi akan menjadi keynote speaker (pembicara)," ungkap Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) sekaligus penyelenggara WPF Din Syamsuddin di Jalan Kemiri Nomor 24, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (4/11/2014).

JK dinilai sosok penting di balik penanganan 3 konflik besar di Indonesia, yakni kerusuhan sosial di Ambon (Maluku), Poso (Sulawesi Tengah), dan konflik bersenjata berkepanjangan di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD). Hal itu sesuai tema WPF ke-5 yang dilaksanakan tiap 2 tahun sekali itu, yang akan membahas tentang resolusi konflik-konflik dunia.

Din mengatakan, pihaknya juga mengundang sejumlah tokoh dunia yang terlibat dalam penanganan konflik masyarakat. Seperti mantan Presiden Finlandia, 2 orang tokoh muslim dan Budha dari konflik Rohingya di Myanmar, tokoh-tokoh pemikir Inggris, Amerika, Afghanistan, Maroko, Itali, Jepang, serta sejumlah figur yang terlibat dalam penyelesaian konflik di Thailand, Filipina, Kosovo, serta Afrika Tengah.

"Kita ingin dengar kisah orang-orang yang ikut terlibat dalam konflik dunia. Perwakilan dari Kosovo diupayakan hadir karena Indonesia belum mengakui negara itu," ujar dia.

"Ada juga dari Maluku, Pendeta Jackie yang nanti berbicara soal provokasi perdamaian. Ada sekitar 100 peserta dan pembicara dari mancanegara. Mereka figur kunci dari beberapa konflik dunia," imbuh Din.

Acara pembukaan World Peace Forum ini akan dilaksanakan di Gedung Nusantara IV, komplek DPR/MPR, Jakarta Selatan, sekitar pukul 19.00 WIB. Selanjutnya, pada 21-23 November 2014, forum digelar di Hotel Century Park, Senayan. Selain JK, Presiden Jokowi juga diundang untuk membuka kegiatan ini. (Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.