Sukses

Musim Hujan Belum Tiba, BPBD DIY Fokus Penanganan Kekeringan

BPBD DIY masih berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten terkait kekeringan yang masih melanda di Yogyakarta.

Liputan6.com, Yogyakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) masih melakukan penanganan kekeringan yang melanda wilayah mereka. Terkait hal itu, Kepala BPBD DIY Gatot Saptadi mengatakan, BPBD masih berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten terkait kekeringan yang masih melanda di Yogyakarta.

Menurut Gatot, pihaknya juga berkoordinasi dengan BMKG DIY untuk mengetahui kapan datangnya musim hujan di Yogyakarta. Sebab, beberapa wilayah di DIY sudah turun hujan, sementara di tempat lain belum juga turun hujan.

"Saya masih menangani optimalisasi penanganan kekeringan sampai pertengahan Desember (mendatang). Saya menunggu informasi real dari BMKG wilayah barat. Sudah hujan ya, tapi di kita kan belum ya," ujar Gatot di Yogyakarta, Senin (3/11/2014).

Gatot masih memfokuskan 3 lokasi yang dilanda kekeringan. 3 Wilayah itu yakni di Kabupaten Gunungkidul, Bantul dan Kulonprogo. Ketiga wilayah itu masih dilanda kekeringan, sehingga mendapatkan fokus penanganan khusus.

Gatot menyebut kekeringan di DIY masih mendapat perhatian. Belum turunya hujan mempengaruhi fokus penanganan bencana di DIY. Ia menegaskan kekeringan akan menjadi fokus kerja BPBD sampai hujan turun di seluruh wilayah DIY.

"Artinya saya bertahan sampai musim hujan muncul. Di Yogya juga belum hujan kan," pungkas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini