Sukses

Buat Logo Baru, Pemda Yogyakarta Berharap Bisa Seperti Google

Logo dan tagline baru Yogyakarta nanti diharapkan bisa seperti Google, bisa diubah atau dibuat apa saja.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berencana mengubah logo dan tagline Yogyakarta dari "Jogja Never Ending Asia" menjadi "Jogja New Harmony". Namun pelaksanaannya belum dimulai, rencana itu sudah dikritik oleh masyarakat seniman dan pakar desain visual Yogyakarta.

Guna menampung aspirasi publik, Pemda DIY menggelar diskusi dan urun rembug warga. Kasubid Administrasi Publik dan Keuangan Bappeda DIY Erni Widyastuti mengatakan, pertemuan dan diskusi itu untuk mendengar masukan dan alternatif dari publik.

Saat ini proses rebranding logo dan tagline baru Yogya masih dalam tahap penyempurnaan dan finalisasi. Namun proses ini masih menunggu perkembangan dari beberapa masukan yang ada. "Tahun ini sudah selesai," ujar Erni, Senin (3/11/2014).

Untuk penggantian logo dan tagline itu, Pemda DIY mengucurkan Rp 1,5 miliar. "Dana itu digunakan untuk proses pembentukan tim, rapat segala macem, dan event."

Logo dan tagline baru ini dibuat sedemikian rupa dengan harapan bisa seperti google yang bisa dibuat apa saja. Logo itu sendiri dibuat oleh Hermawan Kertajaya.

"Simbol logo itu harapannya seperti google, jadi bisa diapakan saja. Ya, kita harap warga perlu melihat dan mencermati lagi dan gimana filosofinya. Dilihat lagi dimengerti dan baru komentar, tapi lihat seperti apa nanti hasilnya dari masukan-masukan," ujar dia. Sebelumnya sejumlah kelompok masyarakat mengkritik logo tersebut, khususnya tulisan kata Jogja yang terbaca seperti Togua. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.