Sukses

Kabut Asap Tutupi Bandara Sampit, Pesawat Tak Bisa Mendarat

Penerbangan rute Jakarta-Sampit terpaksa dialihkan karena Bandara Haji Asan Sampit di Kabupaten Kotawaringin Timur, tertutup kabut asap.

Liputan6.com, Sampit - Penerbangan rute Jakarta-Sampit terpaksa dialihkan karena pesawat tidak bisa mendarat lantaran Bandara Haji Asan Sampit di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, tertutup kabut asap.

Sampit: Penerbangan rute Jakarta-Sampit terpaksa dialihkan karena pesawat tidak bisa mendarat lantaran Bandara Haji Asan Sampit di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, tertutup kabut asap.

"Ini kedua kalinya. Kemarin (Sabtu) pesawat dari Jakarta juga terpaksa dialihkan ke Surabaya karena tidak bisa mendarat di Sampit akibat kabut asap kembali terjadi," kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kotim, Fadlian Noor di Sampit, Minggu (2/11/2014) sore.

Fadlian mengaku prihatin dengan kabut asap yang kembali terjadi dan cenderung makin parah. Jika transportasi terganggu maka akan berdampak terhadap aktivitas ekonomi masyarakat.

Untuk pesawat jenis Boeing, kata Fadlian, jarak pandang aman untuk penerbangan yakni minimal 2.000 meter. Jika melihat kondisi kabut asap yang terjadi sepanjang hari Minggu ini, tentu tidak memungkinkan bagi penerbangan karena sangat berisiko.

Maskapai tidak bisa memastikan keberangkatan pesawat sesuai jadwal karena bisa saja tepat waktu, molor atau bahkan dibatalkan.

"Tadi siang pesawat dari Surabaya bisa mendarat di bandara kita ini, tapi sore ini tampaknya kabut asap makin parah sehingga pesawat dari Jakarta tidak bisa mendarat sehingga harus dialihkan," katanya.

Pilot mempunyai alternatif yaitu dengan mendarat di bandara terdekat seperti Pangkalan Bun atau Banjarmasin, ketimbang kembali ke Jakarta atau Surabaya.

Minggu pagi, pekatnya asap membuat jarak pandang aman bahkan hanya sekitar 10 meter sehingga pengendara benar-benar harus hati-hati.

Pengendara terpaksa mengurangi kecepatan karena jarak pandang sangat pendek. Lampu kendaraan pun nyaris tidak terlihat dalam jarak 10 meter akibat asap benar-benar sangat tebal dan membuat mata perih.

Masyarakat berharap kebakaran lahan bisa segera berakhir agar kabut asap tidak lagi muncul mengganggu aktivitas dan kesehatan. Masyarakat berharap hujan turun agar kebakaran lahan dan asap bisa hilang. (Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini