Sukses

Cerita JK yang Bikin Ulama NU Terkekeh

Wapres Jusuf Kalla mengatakan menikmati suasana konferensi NU yang diselenggarakan di studio film. Sayang waktu itu dia masih SMP.

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang kerap mengocok perut dengan pernyataan-pernyataan singkat dan tak terduganya. Wakil Presiden Jusuf Kalla pun juga mampu mengundang tawa setiap kali ia berbicara.

Salah satunya hari ini, ketika dia membuka Musyawarah Nasional Alim Ulama dan Konferensi Besar Nahdlatul Ulama 2014. Wakil Presiden yang akrab disapa JK ini bercerita pengalaman pertamanya mendatangi konferensi NU di Jakarta.

"Waktu saya dengan bapak saya menghadiri konferensi NU tahun 50an, konferensi diadakan di studio film. Jadi sambil konferensi, kita sambil nonton bintang film beraksi," ucap dia di kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Jalan Kramat Raya 164, Jakarta Pusat, Sabtu (1/11/2014).

Mendengar itu para tokoh NU, menteri, duta besar, dan hadirin lainnya sontak tertawa. Jusuf Kalla kemudian melanjutkan bahwa kala itu dia masih duduk di bangku SMP. Sehingga hanya bisa menikmati suasana hiburan di sekitar studio tersebut. JK mengaku jika saat itu dia sudah remaja, tentu saja dia senang melihat para artis cantik berlalu lalang. Lagi-lagi ucapan JK membuat para tamu tertawa.

"Saya menikmati waktu itu, studionya. Tapi kalau saya sudah SMA tentu saya juga menikmati bintang filmnya yang pakai baju 'u can see' (baju tanpa lengan). Hehehe," ucap dia dengan nada bercanda.

Sebenarnya dibalik cerita itu, JK ingin menyampaikan bahwa hal tersebut menjadi bukti bahwa NU sejak dulu tidak anti moderenitas. "Kegiatan zaman dulu ternyata tidak menghindari kegiatan-kegiatan modern. Tapi coba NU bikin studio film bisa dihujat. Konferensi NU di studio film, berkeliaran bintang-bintang film berpakaian ketat. Artinya sesuai zaman," jelas JK. (Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini