Sukses

Mendagri Tjahjo Prioritaskan Pemekaran Papua Demi Kesejahteraan

Ada 2 provinsi yang akan dimekarkan dalam waktu dekat demi suksesnya visi dan misi Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Demi meningkatkan kesejahteraan pembangunan dan peningkatan pelayanan publik, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo akan memprioritaskan pemekaran di wilayah Indonesia timur, khususnya Papua. Ada 2 provinsi yang akan dimekarkan dalam waktu dekat demi suksesnya visi dan misi Presiden Jokowi dan Wakil Presiden JK.

"Soal pemekaran tujuannya untuk menyejahteraan. Kita ingin meningkatkan kualitas pemangunan. Ini menjadi skala prioritas kami," ujar Tjahjo usai acara pisah sambut Mendagri di Kantor Kemendagri, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (31/10/2014).

Dengan adanya pemekaran, menurut Tjahjo, akan mengurangi intervensi asing yang terjadi di Papua. "Intervensi asing tidak hanya menyangkut mendayagunakan sumber daya alam, tapi juga mulai sektor lain. Saya kira ini wilayah yang sangat penting, mempercepat proses pembangunan wilayah supaya merata," jelas dia.

Tjahjo Kumolo pun berjanji akan segera berkonsultasi dengan semua pihak agar rencana tersebut berjalan lancar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini