Sukses

Kuburan Massal 220 Jasad Ditemukan di Irak Barat, Korban ISIS?

Pembunuhan brutal semacam ini memang menjadi ciri khas kelompok ISIS.

Liputan6.com, Anbar - Kuburan massal ditemukan di Anbar, Irak barat. Namun belum dapat dipastikan dari mana para jasad tersebut berasal.

"Kuburan-kuburan yang ditemukan di Provinsi Anbar, Irak kemungkinan berisi antara 80 hingga 220 mayat," demikian menurut laporan yang beredar seperti dimuat BBC, Jumat (31/10/2014).

Puluhan jasad itu diduga korban dalam pertempuran kelompok militan ISIS. Banyak dari mereka berasal dari suku Al Bu Nimr, yang bergabung dengan pemerintah.

Setelah penemuan tersebut, mengemuka kemungkinan bahwa kelompok tersebut telah membunuh 600 tahanan di penjara di Mosul. Bangunan yang mereka kuasai pada bulan Juni.

"Para tahanan dipaksa untuk berlutut sepanjang tepi jurang sebelum ditembak," ujar kelompok kampanye Human Rights Watch.

Pembunuhan brutal semacam ini memang menjadi ciri khas kelompok ISIS. Salah satu tujuannya adalah tidak hanya untuk menguasi wilayah tetapi untuk menyebarkan teror ke lawan-lawannya.

Provinsi Anbar adalah medan pertempuran kunci. Berdekatan dengan Baghdad. Hingga saat ini, militan ISIS telah menewaskan ratusan orang di daerah besar Irak dan tetangga Suriah yang mereka kontrol. (Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini