Sukses

Tabung Pemadam Kebakaran Milik Pesawat Latih di Sumbawa Ditemukan

Tabung pesawat latih ditemukan mengambang diperairan Teluk Saleh, Ppulau Moyo, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Liputan6.com, Sumbawa - Sebuah tabung portable pemadam kebakaran yang diduga milik pesawat latih jenis Liberty XL2 yang hilang siang tadi, ditemukan mengambang diperairan Teluk Saleh, Ppulau Moyo, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Tabung warna merah yang biasa berada di dalam pesawat tersebut ditemukan sekitar 100 meter dari pantai Berang Poso oleh tim pencarian SAR dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbawa.

"Kami telah menemukan tabung pemadam kebakaran, namun kami belum bisa melanjutkan pencarian karena keterbatasan alat dan kemalaman," kata koordinator lapangan bidang evakuasi dan kedaduratan BPBD Sumbawa, Rauf, Kamis (30/10/2014) Malam.

Tabung pemadam kebakaran itu ditemukan setelah Tim SAR dan BPBD melakukan pencarian selama 6 jam, dengan mengelilingi setiap perairan yang diduga letak jatuhnya pesawat berdasarkan informasi yang didapat dari saksi mata.

Berdasarkan temuan tersebut, diduga pesawat latih milik Lombok Institute of Flight Technology (LIFT) yang berangkat dari bandara Sultan Kaharudin III itu tenggelam setelah jatuh ke laut. Sementara itu terkait keselamatan awak pesawat yaitu Pilot pesawat dan Siswa
belum bisa dipastikan.

"Kami belum bisa memastikan kondisi mereka, karena kami masih belum menemukan keduanya," imbuh Rauf.

Rencananya Tim SAR Provinsi NTB mengerahkan Helikopter dan Tim Penyelam dibantu oleh para nelayan dan warga setempat untuk melakukan pencarian pesawat latih yang hilang tersebut esok hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.