Sukses

Menyedihkan, SD dengan 754 Siswa ini Hanya Punya 1 Kamar Mandi

Kamar mandi atau kamar mandi adalah sarana yang sangat vital. Sumber Foto: http://shanghaiist.com/

Citizen6, Jakarta Pernah mengalami antre di kamar mandi atau toilet umum ketika sedang kebelet kencing atau buang air bersa? Sangat tidak nyaman. Begitulah yang terjadi di sebuah sekolah dasar di Hangzhou, China.

Seperti dilaporkan China Youth International, sebuah sekolah dasar di wilayah Hangzhou hanya menyediakan satu kamar mandi untuk siswa dan guru yang berjumlah 754 orang. Bayangkan berapa lama waktu yang harus digunakan untuk antre tiap anak?

Ketika bel berbunyi tanda kelas sudah berakhir, ratusan anak itu harus berebut untuk lebih dulu mencapai kamar mandi. Atau setidaknya mereka memperoleh antrean di paling depan. Agar antrean tertib, seorang guru diberi tugas untuk mengatur anak-anak tersebut.



Mengantisipasi hal ini, para siswa terpaksa  membiasakan menahan diri untuk tidak minum selama di sekolah.

Gedung sekolah yang terdiri dari empat lantai itu dibangun pada tahun 1980 dan rencananya akan memiliki kamar mandi untuk 12 kelas. Sekarang sekolah tersebut memiliki 20 kelas sehingga mempunyai problem yang sangat serius.

Pemerintah setempat telah menyadari problem tersebut dan berencana untuk menyelesaikannya dengan membangun kamar mandi tambahan di setiap lantai.


Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.