Sukses

Kawin Cai, Simbol Silaturahmi 9 Komunitas di Kabupaten Garut

Istilah perkawinan tidak hanya berlaku untuk manusia saja. Di Kabupaten Garut ada sebuah tradisi ritual yaitu kawin cai atau air.

Liputan6.com, Garut - Bertempat di Lapangan Situ Gede, Kecamatan Cigedug, Garut, Jawa Barat sejumlah budayawan dan kaum muda-mudi berkumpul menggelar ritual kawin cai atau kawin air, pentas seni serta budaya dari sejumlah wilayah di Kabupaten Garut.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (30/10/2014), rangkaian kegiatan diawali dengan kawih sunda pangrajah atau pembuka yang dilantunkan sinden dari atas panggung.  

Acara dilanjutkan dengan tarian tentang cai atau air yang dibawakan oleh 2 orang penari. Kemudian air yang bersumber dari sejumlah mata air yang dibawa oleh sejumlah komunitas kampung adat disatukan dalam satu wadah atau gentong.

Ritual kawin cai sendiri merupakan simbol persatuan dan kesatuan yang diibaratkan oleh air yang digabungkan dalam sebuah wadah meski berasal dari berbagai macam tempat.

Selain digelar ritual kawin cai, acara ini juga dimeriahkan dengan suguhan dari bermacam-macam kesenian dan budaya khas Garut. (Ein)

Baca juga:

Ini Tradisi yang Dirombak Jokowi Setelah Dilantik Jadi Presiden

Di Balik Ritual Malam 1 Suro & Tahun Baru Islam

Tahun Baru Islam, Santri Banten Atraksi Tarian Api
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini