Sukses

Amien Rais: KMP Akan Kehabisan Sasaran Tembak

Menurut Amien Rais, KMP memang bertugas mengawasi dengan seksama segala yang dilakukan pemerintahan Jokowi-JK.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Majelis Pertimbangan PAN Amien Rais mengatakan, Koalisi Merah Putih (KMP) bisa saja kehilangan bahan evaluasi terhadap pemerintah. Hal itu bisa terjadi kalau pemerintahan kedepan berjalan dengan baik.

"KMP akan kehilangan sasaran tembak, kalau memang sudah bagus mau diapakan," kata Amien usai bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Rabu (29/10/2014).

Menurut Amien, partai yang tergabung dalam KMP memiliki tugas mengawasi secara seksama segala yang dilakukan pemerintahan Jokowi-JK. Hal ini tentu sangat baik bagi perjalanan politik dan berbangsa di Indonesia.

"Jadi Pak Prabowo, Pak Ical, Pak Anis Mata, Pak Hatta, Pak SDA dan semua Demokrat. Memang kalau dibuat rata-rata pendapatnya itu yang namanya penyeimbang atau oposisi itu untuk memelototi dari dekat langkah-langkah pemerintah di eksekutif," lanjut Amien.

Posisi eksekutif dan legislatif saat ini sudah sangat baik. Kalau pun ada beberapa konflik yang terjadi di parlemen, menurut mantan Ketua MPR itu, hanya kejadian kecil yang biasa terjadi dan akan hilang dengan sendirinya.

"Jadi selama pemerintah programnya untuk rakyat kemudian mau diapakan, kecuali didukung. Kalau ada menyimpang dari UUD tentu harus dikoreksi. Menurut saya ini sudah sejuk tidak ada yang perlu diperdebatkan lagi. Di DPR juga begitu mudah-mudahan," jelas Amien.

Sampai kini kondisi politik di DPR terus memanas. Yang terbaru, aksi membanting meja dan pernyataan mosi tak percaya KIH terhadap pimpinan DPR. Amien Rais menilai kondisi ini adalah hal yang biasa dan lumrah dalam demokrasi.

"Kursi dibolak-balik itu biasa, hal-hal kecil, pada saatnya akan hilang," ucap Amien.

Hal itu mengingatkan dia pada masa-masa duduk di kursi Ketua MPR. Sat itu, tidak jauh berbeda dengan saat ini. Hujan interupsi hingga tindakan di luar kontrol juga terjadi. Tapi, Amien menanggapinya dengan santai peristiwa itu.

"Saya juga ingat dulu waktu Ketua MPR, sambil berantem dan lain-lain, banyak yang nanya "Pak Amien kok demikian?" saya jawab saja itu mereka sudah lama nggak olahraga jadi biar saja, saya kira itu biasa lah," ungkap Ketua Dewan Pertimbangan PAN.

Amien menilai, apa yang terjadi di DPR saat ini belum seberapa dibanding dengan apa yang terjadi di beberapa negara di dunia hingga adanya saling pukul. Tapi, bukan berarti dia setuju dengan sikap anggota dewan yang seperti itu.

"Ada letupan kecil tadi sudah lama tidak olahraga tadi, mudah-mudahan nanti nagus lagi lah. Saya percaya negeri ini punya masa sepan yang bagus. Insya Allah," tutup Amien.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.