Sukses

Ini Para Ketua Komisi I, III, dan IX DPR

Dengan begitu, sudah tujuh pimpinan komisi yang ditetapkan DPR, yaitu Komisi I, II, III, IV, VIII, IX, dan X.

Liputan6.com, Jakarta - Kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) kembali terpilih menjadi pimpinan Komisi I DPR. Politisi PKS Mahfudz Siddiq kembali terpilih menjadi Ketua Komisi I DPR periode 2014-2019.

Selain itu dipilih juga Wakil Ketua yang terdiri dari, Tantowi Yahya dari Fraksi Golkar, Asril Hamzah Tandjung dari Gerindra dan Hanafi Rais dari PAN.

"Mengingat hanya terdapat satu paket, maka sebagaimana ketentuan pasal 57 ayat 13 (Tatib DPR), pimpinan rapat langsung menetapkan pimpinan komisi I," kata pemimpin rapat Fadli Zon, Rabu (29/10/2014).

Sementara itu, anggota Fraksi Partai Demokrat Dede Yusuf terpilih sebagai Ketua Komisi IX DPR. Rapat pemilihan pimpinan Komisi IX DPR ini juga berjalan tanpa perdebatan. Pasalnya, hanya ada satu paket yang diajukan, yakni berasal dari fraksi partai Koalisi Merah Putih.

Tak ada anggota fraksi yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Hebat (KIH) termasuk PPP, yang hadir dan mengajukan usulan dalam paket calon pimpinan Komisi IX DPR.

Dalam paket tersebut, Dede mewakili Fraksi Partai Demokrat dan didampingi oleh 3 wakilnya, yakni Syamsul Bachri (Fraksi Golkar), Pius Lustrilanang (Fraksi Gerindra), dan Asman Abnur (Fraksi PAN). Komisi IX membidangi masalah kependudukan, kesehatan, ketenagakerjaan, dan transmigrasi.

Untuk Komisi III, politisi Golkar Aziz Syamsudin terpilih menjadi ketuanya. Aziz didampingi oleh wakil ketua yakni Desmond Junaedi Mahesa dari Fraksi Gerindra sebagai Wakil Ketua, Benny K Harman dari Fraksi Demokrat, Nur Fahri Harahap dari Fraksi PAN.

"Mengingat usulan paket hanya terdapat satu paket, maka sebagaimana ketentuan pasal 57 ayat 13, pimpinan langsung menetapkan pimpinan komisi III DPR RI. Apakah paket calon komisi III DPR RI, dapat disetujui sebagai pimpinan komisi III," kata Fadli Zon.

Sementara itu, politisi PKS Abu Bakar Alhabsyi mengatakan, sebenarnya pihaknya tidak ingin fraksi yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Hebat (KIH) tidak memasukkan nama. "Situasi ini tidak kita inginkan. Kita (KMP) sudah siap kerja, kerja, kerja, eh (KIH) nggak nongol juga," ujarnya.

Dengan begitu, sudah 7 pemimpin komisi yang ditetapkan DPR, yaitu Komisi I, II, III, IV, VIII, IX, dan X.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini