Sukses

DPRD DKI Segera Lantik Ahok Gubernur Berdasarkan Surat Kemendagri

Surat tersebut meminta DPRD DKI segera bersurat kepada Presiden melalui Mendagri untuk menggelar paripurna pelantikan Gubernur DKI.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD DKI Jakarta Mangara Pardede menegaskan, apabila DPRD DKI tidak kunjung menggelar rapat paripurna pelantikan Ahok sebagai Gubernur DKI, pihaknya akan memakai surat Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri sebagai pegangan.

"Surat Kemendagri yang akan kita pegang," ucap dia di Balaikota Jakarta, Rabu (29/10/2014).

Surat tersebut menurutnya meminta kepada DPRD DKI agar segera bersurat kepada Presiden melalui Mendagri untuk melaksanakan sidang paripurna pelantikan Gubernur DKI. Mangara menjelaskan surat itu sedang dibahas di Dewan.

"Jadi sudah kami terima surat dari Kementerian Dalam Negeri yang menyatakan supaya DPRD melakukan paripurna pengumuman pengusulan Wagub jadi Gub‎ernur DKI Jakarta. Ini sekarang lagi bergulir di DPRD," jelas dia.

Surat dari Mendagri itu sedang diteruskan kepada fraksi-fraksi dan dalam waktu dekat pimpinan DPRD DKI akan mengadakan rapat mengenai rencana paripurna pelantikan Ahok. "Ya sekarang lagi disposisi kepada semua fraksi. Nanti dalam waktu dekat akan ada rapat pimpinan," ucap Mangara.

Sebelumnya, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengungkapkan Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Djohermansyah Djohan mengirimkan surat ke DPRD DKI untuk segera melakukan rapat paripurna pelantikan dirinya.

"Pak Djohermansyah sudah kirim surat ke DPRD minta segera membuat paripurna untuk melantik saya," ujar dia.

Untuk menggelar paripurna pelantikan Gubernur DKI itu, DPRD DKI menurutnya harus mengirim surat kepada Presiden melalui Mendagri terlebih dulu. Apabila Ahok sudah menjabat pelaksana tugas gubernur selama 1 bulan dan DPRD belum juga melakukan sidang paripurna, maka pelantikan Ahok akan diambil alih oleh Kemendagri atau Presiden. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini