Sukses

Bedah Rumah Warga Tak Mampu Warnai Perayaan Sumpah Pemuda di Pati

Ada 10 rumah warga tak mampu yang diperbaiki di Desa Kajen, Pati, Jawa Tengah.

Liputan6.com, Pati - Organisasi pemuda di Pati, Jawa Tengah yang bernama Shiddiqqiyah merayakan Sumpah Pemuda dengan memugar rumah warga tak mampu tanpa dipungut biaya.

 

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Selasa (28/10/2014), salah satu yang dipugar adalah rumah Kasmiyati di Desa Kajen, Kecamatan Margoyoso yang tadinya dari kayu dan anyaman bambu diganti dengan tembok. Ada 10 rumah warga tak mampu yang diperbaiki di Desa Kajen itu yang dimulai sejak awal bulan Oktober dan ditargetkan selesai awal November.

Di Sleman, Yogyakarta, Sumpah Pemuda diperingati dengan diadakan Jambore Pemuda Indonesia yang diikuti lebih dari 600 pemuda dan pemudi dari berbagai daerah di Tanah Air.

Jambore diharapkan bisa menanamkan rasa persatuan di antara pemuda dari berbagai suku di Tanah Air. Selain berkemah, mereka juga menyusuri Candi Prambanan simbol kejayaan bangsa Indonesia yang dibangun abad X jaman keemasan kebudayaan Hindu. 

Mereka juga bisa melihat ornamen dinding candi dan patung di dalam Candi Siwa. Candi lain yang disusuri adalah Candi Sewu dan Candi Kalasan dalam rangka mempertingati Sumpah Pemuda hari ini.

Sementara itu, ratusan mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) bentrok dengan aparat kepolisian dari Polrestabes Makassar, Sulawesi Selatan di Hari Sumpah Pemuda ini.

Mahasiswa melempari polisi dengan batu dan senjata tajam jenis busur, sedangkan aparat kepolisian menembakkan gas air mata dan tembakan peringatan.

Meski sudah dipukul mundur ke dalam kampus, namun ratusan mahasiswa itu terus melemparkan batu. Bentrokan berawal saat mahasiswa menggelar aksi peringatan Hari Sumpah Pemuda di depan kampus.

Selain berorasi, secara bergantian mereka juga menutup jalan hingga menyebabkan kemacetan. Aksi mahasiswa yang mulai mengganggu arus lalu lintas ini dibubarkan paksa polisi.

Baca Juga:

Biola WR Soepratman, Saksi Bisu Kongres Sumpah Pemuda

Nasihat Menpora Imam Nahrowi di Hari Sumpah Pemuda

Aneka Cara Unik Peringati Sumpah Pemuda

(Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Sumpah Pemuda adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia Jakarta.
    Sumpah Pemuda adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia Jakarta.

    Sumpah Pemuda

Video Terkini