Sukses

Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan yang Nyentrik

Sejak diangkat menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti menjadi perbincangan di tanah air.

Liputan6.com, Jakarta - Sejak diangkat menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti menjadi perbincangan di tanah air. Hastag Bu Susi di media sosial Twitter bahkan sempat menjadi trending topic. Banyak yang memberi komentar negatif tetapi tidak sedikit yang memberi dukungan.

Susi Pudjiastuti memang sosok yang unik, mulai dari perjalanan hidup hingga penampilannya. Tidak lama setelah pengumuman kabinet di Istana Kepresidenan, seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (28/10/2014), Susi tampak asyik menghisap rokok tanpa memperhatikan orang sekelilingnya.

Tapi wanita kelahiran Pangandaran ini juga bisa tampil cantik saat datang bersama sesepuh Jawa Barat, Solihin GP. Susi tampil anggun dengan mengenakan kebaya warna coklat dan kalung emas melingkar di lehernya. Tak lupa ia memakai kacamata berwarna gelap.

Sosok Susi lahir di Pangandaran 50 tahun yang lalu. Saat duduk di kelas 2 SMA, ia dikeluarkan karena mengkampanyekan golput atau ajakan untuk tidak memilih dalam Pemilu. Satu hal yang ditabukan di era Presiden Suharto.

Pendidikan formal yang hanya sampai tingkat SMP tidak menghalangi Susi untuk menjadi pengusaha sukses. Ia membangun bisnis kelautan dari bawah. Dengan modal pas-pasan, ia menjadi pengepul ikan dan usahanya terus berkembang hingga bisa memasarkan lobster ke luar negeri.

Wanita yang pernah 3 kali menikah ini juga mengembangkan bisnis penerbangan di daerah perintis. 2 perusahaannya, yakni PT Asi Pudjiastuti Marine Product dan Susi Air kini memiliki aset ratusan miliar rupiah dengan ribuan karyawan.

Kegigihan dan profesionalisme Susi dalam bekerja inilah yang rupanya membuat Presiden Joko Widodo tertarik untuk menjadikan dirinya sebagai salah satu menteri di Kabinet Kerja. Apakah pilihan Jokowi sudah tepat? Hasil kerja Susi yang akan membuktikannya.

Baca juga:

6 Menteri Kabinet Kerja Paling Mencuri Perhatian Publik

Menengok Bisnis Ikan dan Penerbangan Susi Pudjiastuti

Menteri Susi Pudjiastuti Pernah Bersekolah di SMA Ini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.