Sukses

Tjahjo Kumolo: Belum Sertijab, Itu Hanya Masalah Teknis

Tjahjo Kumolo menilai belum serah terima jabatan itu dari Mendagri Gamawan Fauzi itu bukan masalah besar.

Liputan6.com, Jakarta - Belum dilakukannya serah terima jabatan (sertijab) dari Gamawan Fauzi kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) baru Tjahjo Kumolo, dinilai bukan masalah besar.

"Pak Gamawan hari ini tidak bisa hadir (untuk melakukan sertijab). Tapi itu masalah teknis, kita bisa atur waktunya nanti," ujar Tjahjo di Kemendagri, Jakarta, Senin (27/10/2014).

Sejak acara Silaturahim Nasional (Silatnas) Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan para kepala daerah di Sentul International Convention Center (SICC) Bogor, Jawa Barat, Rabu 15 Oktober silam, Gamawan tak hadir karena sakit.

Gamawan dikabarkan dirawat di Rumah Sakit Mount Elizabeth, Singapura.

Menurut Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri (Kapuspen Kemendagri) Dodi Riyatmadji, sertijab akan dijadwalkan setelah Gamawan kembali dari luar negeri.

"Sertijab nanti menunggu Pak Gamawan, tetapi bisa juga nanti kalau beliau melimpahkan itu kepada Sekjen Kemendagri (Yuswandi A Temenggung)," kata Dodi.

Presiden Joko Widodo alias Jokowi menunjuk Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo menjadi Mendagrii. Presiden Jokowi menilai Tjahjo mampu menjalankan tugasnya sebagai Mendagri.

"Beliau politisi, profesional, orang yang demokratis, juga tegas," ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, Tjahjo Kumolo sangat terampil membangun dialog dengan masyarakat berbagai elemen di daerah maupun pusat. "Kebetulan beliau putra Solo," ucap Jokowi. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.