Sukses

Karyawati Tertipu Modus Pinjam Identitas Pembelian Mobil

Liputan6.com, Jakarta Nasib nahas menimpa seorang karyawati bernama Yuli. Warga Jakarta Timur ini tertipu ratusan juta oleh teman bisnisnya, Setiawan. Modusnya adalah dengan meminjam identitas diri guna membeli mobil. Yuli yang tak pernah membeli mobil pun harus menerima nasib mendapatkan tagihan pembelian mobil yang diambil Setiawan.

"Kalau ditaksir kerugian sampai Rp 400 juta untuk beli mobil Honda CRV. Identitas saya dari KTP asli, KK asli, dan AJB asli dibawa lari semua," kata Yuli saat dihubungi  Jumat  (24/10/2014).

Yuli awalnya mengenal Setiawan sebagai rekan bisnis jual-beli apartemen. Akibat merasa sudah dekat dan kenal baik, namanya dipakai untuk mengurus pembelian mobil karena Setiawan belum memiliki KTP Jakarta.

"Kenalnya sebagai dokter asal dari Jambi, kita rekan bisnis apartemen. Nama saya dipakai untuk kredit mobil CRV tapi uang mukanya baru dibayar setengah dan kreditnya tidak dilunasi," terang dia.

Atas kejadian itu, Yuli harus menanggung pembayaran kredit mobil tersebut. Dia berniat melaporkan Setiawan ke polisi. Dia berharap identitas pribadinya segera kembali dan tak digunakan untuk melakukan penipuan lagi.

"Ini belum lapor polisi, rencana Senin mau melapor. Saya khawatir identitas yang dibawa itu disalah gunakan untuk menipu lagi," pungkas dia.