Sukses

Ubah Kementerian, DPR Minta Jokowi Perhatikan Hal-hal ini

Presiden Jokowi pun mengucapkan terima kasih atas respon cepat yang diberikan DPR terkait nomenklatur kementerian.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima pimpinan DPR, terkait nomenklatur atau perubahan nama kementerian kabinet Jokowi. Dalam pertimbangan yang diberikan kepada Jokowi, pimpinan DPR menyampaikan ada sejumlah masalah dari perubahan yang dilakukan.

"Perlu diperhatikan money policy dan follow policy. Mohon dipertimbangkan hal-hal yang berimplikasi terhadap masalah anggaran, sosial dan politik," kata Ketua DPR Setya Novanto, di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (26/10/2014).

Novanto didampingi 3 Wakil Ketua DPR, yaitu Agus Hermanto dari Partai Demokrat, Fadli Zon dari Partai Gerindra, dan Taufik Kurniawan dari PAN.

Kendati demikian, Novanto mengatakan, tidak ingin pertimbangan nomenklatur kementerian yang diserahkan kepada Jokowi menjadi penghambat pengumuman susuan kabinet. "Tentu kami akan sesegera mungkin berharap agar presiden bisa melantik secepatnya."

"Dan kami DPR, akan menyesuaikan komisinya sebagai pihak check and balances," sambung politisi Golkar itu.

Usai menyerahkan laporan pertimbangan nomenklatur DPR itu, Presiden Jokowi pun mengucapkan terima kasih atas respon cepat yang diberikan parlemen. Respon cepat itu membantu pemerintah semakin cepat mengumumkan kabinet dan nama-nama menteri Jokowi.

"Kami menghargai sekali, mengapresiasi sekali kerja DPR yang cepat direspon dan cepat dijawab. Sehingga memudahkan kerja kami mengumumkan kabinet dan melantik menteri-menteri yang ada," tandas Jokowi. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • DPR adalah lembaga legislatif yang anggotanya terdiri dri anggota partai politik terpilih dari hasil pemilu.

    DPR

  • Menteri Jokowi