Sukses

Wujudkan Kabinet Trisakti, Jokowi Diminta Hati-hati Pilih Menteri

Kabinet Jokowi sangat penting ke depan. Karena nantinya akan menjadi penilaian awal pemerintahan Jokowi dari masyarakat Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) berniat membangun kabinet berdasarkan ideologi Trisakti, seperti yang dicetuskan Presiden pertama RI Soekarno.

Maka itu, politisi Partai Golkar M Misbakhun menyarankan kepada Presiden Jokowi agar lebih berhati-hati dalam menentukan figur yang akan duduk di kabinetnya.

"Jokowi harus berhati-hati menentukan figur-figur yang hendak dipilih. Jangan sampai ingin kabinet Trisakti, tapi orang-orang yang dipilih tidak tahu filosofi Trisakti yang menjadi cita-cita Bung Karno‎," kata Misbakhun di kawasan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (25/10/2014).

Misbakhun mengatakan, permasalahan ideologi Trisakti sangat serius. Sebab, kalau Jokowi tidak melakukan kajian mendalam, maka ‎akan sulit mewujudkan kabinet Trisakti.

"Padahal kabinet Jokowi itu Trisakti, artinya kedaulatan dan kemandirian ekonomi sesuai Pasal 33 UUD 1945 menjadi faktor sangat penting. Kalau ideologi ini tidak bersih, cita-cita Jokowi menciptakan kedaulatan energi, pangan, itu tidak bisa dicapai," kata dia.

Misbakhun menambahkan, kabinet Jokowi ini sangat penting ke depan. Karena nantinya kabinet akan menjadi penilaian awal pemerintahan Jokowi dari masyarakat Indonesia.

"(Kabinet) ini menjadi nilai awal, apakah memberikan dukungan atau tidak memberi dukungan (kepada Jokowi-JK)," ujar Misbakhun.

Tidak Boleh Diintervensi

Misbakhun mengatakan, Presiden Jokowi tidak boleh diintervensi dalam menentukan menteri-menterinya. Sebab, pemilihan menteri merupakan mutlak hak prerogatif Jokowi selaku presiden.

"Siapa pun tidak boleh intervensi presiden. Menyusun kabinet hak prerogatif presiden," ujar Misbakhun.

Menurut Misbakhun, Presiden Jokowi belum mengumumkan nama-nama kabinet, bukan‎ karena ada 8 calon menteri yang mendapat rapor merah dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Namun karena lebih kehati-hatian Jokowi memilih calon menteri-menterinya.

‎"Menurut saya, rapor merah atau tidak menjadi dasar presiden menunda kabinet. Presiden diberikan waktu 14 hari, 14 hari belum dilewati. Ini masih berumur 5 hari. Jadi ini bagian sebuah kehati-hatian," pungkas bekas politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.
‎
Presiden Jokowi akan mengumumkan susunan kabinetnya pada Minggu 26 Oktober 2014 besok, pada pukul 16.00 WIB. Jokowi telah mengajukan 43 calon susunan kabinet ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Pusat Pelaporan Analisa dan Transaksi Keuangan (PPATK) untuk diaudit.

Dari 43 nama, 8 di antaranya memiliki rapor merah atau tidak direkomendasikan menjadi calon kabinet Jokowi. Jokowi pun memilih nama lainnya. Langkah Jokowi ini pertama kali dilakukan dari presiden-presiden sebelumnya. Tujuan audit ini guna menyiapkan kabinet yang bersih dan bebas korupsi di pemerintahan Jokowi-JK mendatang. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.