Sukses

Ini Janji Jokowi Soal Hari Santri Saat Tahun Baru Islam

Alasan Jokowi belum menetapkan Hari Santri pada tahun ini, karena tidak ingin hanya sekadar mengeluarkan keppres.

Liputan6.com, Jakarta - Pada masa kampanye Pemilihan Presiden 2014 lalu, Joko Widodo atau Jokowi pernah berjanji akan menetapkan Hari Santri pada 1 Muharam atau Tahun Baru Islam, jika terpilih menjadi Presiden RI.

Menurut mantan Deputi Tim Transisi Andi Widjajanto, janji tersebut akan segera direalisasikan Presiden Jokowi. Tapi tidak pada 1 Muharam yang jatuh hari ini, Sabtu 25 Oktober 2014. Sebab yang dimaksud Jokowi, bukan berarti 1 Muharam ditetapkan sebagai Hari Santri, melainkan Hari Santri ditetapkan pada 1 Muharam atau tepat pada Tahun Baru Islam.

"Sesuai janji kampanye adalah akan ditetapkan sebagai Hari Santri pada 1 Muharam. Jadi tolong dicatat kata-katanya, bukan 1 Muharam ditetapkan sebagai Hari Santri. 1 Muharam adalah Tahun Baru (Islam) yang maknanya jauh lebih luas dari Hari Santri," ujar Andi Widjajanto di Istana Negara, Jakarta, Sabtu (25/10/2014).

"Tapi presiden dalam janji kampanye akan menetapkan Hari Santri di 1 Muharram," lanjut dia.

Sementara mengenai alasan Jokowi belum menetapkan Hari Santri pada tahun ini, kata Andi, karena mantan Gubernur DKI Jakarta itu tidak ingin hanya mengeluarkan selembar keppres untuk menetapkan Hari Santri itu.

"Tapi ingin melakukan aktivitas-aktivitas yang substansial yang berkaitan dengan pembangunan pesantren, berkaitan dengan interaksi para kiai, serta dengan memajukan level pendidikan untuk para santri dan ekonomi umat. Oleh karena itu, harus ada aktivitas yang sigfnifikan yang menandai mulainya tradisi tentang Hari Santri," pungkas Andi. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Hari Santri Nasional (HSN) jatuh pada tanggal 22 Oktober setiap tahunnya. Peringatan ini, ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), pad

    Hari Santri

  • Tahun Baru Hijriah atau Tahun Baru Islam merupakan suatu hari yang penting bagi umat Islam karena menandai peristiwa penting

    Tahun Baru Islam