Sukses

Cara Jokowi Agar Menteri Saling Kenal Usai Pelantikan

Jokowi ingin proses perkenalan antar-menterinya berlangsung dalam suasana cair.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumumkan 34 menteri yang akan bergabung dalam kabinetnya di Istana Merdeka, Jakarta pada Minggu 26 Oktober besok.

Lantaran berasal dari kalangan berbeda, Jokowi tidak ingin proses perkenalan sesama pembantu presiden itu menjadi tak kaku. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyatakan pihaknya telah menyiapkan waktu khusus bagi para menterinya agar saling mengenal satu sama lain.

Menurut mantan Deputi Tim Transisi, Andi Widjajanto, waktu khusus yang diberikan Jokowi tersebut dikemas dengan tema 'minum teh'. Serta disediakan makanan ringan bagi para undangan di halaman Istana Merdeka selepas pengumuman nama menteri.

"Nggak ruwet-ruwet amat (pengumuman menteri). Presiden akan memperkenalkan satu per satu, setelah itu 34 menteri akan minum teh dan menikmati snack sore sambil berkenalan satu sama lain. Itu untuk membuat suasananya cair," ujar Andi Widjajanto di Istana Negara, Jakarta, Sabtu (25/10/2014).

Selanjutnya menurut Andi, presiden akan melakukan pertemuan dengan menteri-menteri terpilih untuk membicarakan proses pelantikan kabinet yang akan dilaksanakan sehari setelah nama menteri diumumkan.

"Jadi tidak perlu ada upacara macam-macam di kementeriannya masing-masing karena presiden langsung melakukan sidang kabinet pada hari itu (Senin, 27 Oktober 2014) dan hari keduanya, hari Selasa, menteri harus langsung bekerja," beber dia.

Terkait acara pengumuman, lanjut Andi, para calon menteri undangan itu diizinkan membawa suami atau istrinya dengan tidak mengharuskan dengan pakaian tertentu. Begitu pula dengan Presiden dan Wakil Presiden.

"Khas Pak Jokow-lah. Rencananya di halaman Istana Merdeka, pelantikan di Istana Merdeka," pungkas Andi. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini