Sukses

Butuh Aliran Air, Hubungi Saja Unit Ini

UPP Utama Palyja, unit yang memberikan pelayanan terhadap pelanggan unit besar atau Key Account dengan ukuran meter mencapai 6 inci.

Liputan6.com, Jakarta Demi memberikan pelayanan yang optimal dan terbaik terhadap pelanggannya, PT PAM Lyonnaise Jaya (Palyja) memiliki unit-unit khusus dalam hal memberikan pelayanan terhadap masyarakat maupun Coorporate. Salah satunya UPP Utama yang merupakan unit pelayanan pelanggan utama yang khusus memberikan pelayanan terhadap pelanggan Key Account atau Unit Besar.

Karakteristik pelanggan key account yaitu memiliki ukuran meter air lebih dari 0,5 mm (0,75 inch – 6 inch) dan tersebar di di seluruh wilayah pelayanan Palyja yang terdiri dari wilayah UPP Pusat, UPP Selatan, dan UPP Barat.

UPP utama Palyja mengelompokkan pelanggan key account ke dalam 3 (tiga) tipe yaitu:

1. Pelanggan Hidran (H) yang terdiri dari hidran umum, hidran tangki, hidran mck, dan hidran tongkang serta hidran kebakaran.
2. Pelanggan UMB, Unit Meter Besar (U) terdiri dari pelanggan swasta dan komersil, pelanggan sosial, dan pelanggan pemerintah.
3. Pelanggan TNI (Hankam, TNI AD, TNI AL, TNI AU, dan Polri).

Sementara berdasarkan jumlah pemakaian, pelanggan Key Account dikelompokkan menjadi 4 (empat) terdiri dari:

1. Pelanggan GOLD: Pemakaian > 10.000m3/bulan
2. Pelanggan SILVER: Pemakaian 5.000 - 10.000m3/bulan
3. Pelanggan BRONZE 1: Pemakaian 1.000 - 5.000m3/bulan
4. Pelanggan BRONZE 2: Pemakaian 0 - 1.000m3/bulan

UPP Utama Palyja memiliki prosedur sambungan baru yang sedikit berbeda dengan prosedur sambungan baru pelanggan standar. Perbedaan mendasar terutama terletak pada persyaratan dokumen yang harus diserahkan. Persyaratan dokumen yang dimaksud antara lain:

1. Denah lokasi
2. Fotocopy KTP
3. Fotocopy Surat Keterangan Usaha/SIUP
4. Fotocopy NPWP
5. Stagging Demand

Sedangkan untuk proses sambungan baru akan melalui 6 tahap yang terdiri dari:

1. Pendaftaran melalui surat/fax/email
2. Survei yang dilakukan oleh petugas Palyja untuk memastikan ada atau tidaknya jaringan pipa Palyja dan penentuan letak bak meter.
3. Studi Piccolo yakni analisa kemampuan jaringan untuk memenuhi kebutuhan air pelanggan.
4. Design & RAB yang merupakan proses pembuatan desain perhitungan besarnya biaya sambungan baru (Rencana Anggaran Biaya-RAB) dari jaringan Palyja sampai dengan bak meter pelanggan.
5. Proses Administrasi yang terdiri dari pembuatan proposal biaya sambungan baru, proses pembayaran (pembuatan proforma invoice & invoice).
6. Proses instalasi yang terdiri dari pemasangan pipa jaringan (jaringan sampai dengan bak meter) dan pemasangan meter.

Selengkapnya permohonan sambungan baru klik di sini.

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini