Sukses

Libur Tahun Baru Islam, Warga Serbu Kawasan Puncak

Ajun Komisaris Bogor menjelaskan, kenaikan volume kendaraan ke Cisarua, Puncak terjadi di libur Tahun Baru Islam sejak pukul 06.00 WIB.

Liputan6.com, Bogor - Libur Tahun Baru Islam 1436 Hijriah dipergunakan sebagian warga Jabodetabek untuk berwisata ke Cisarua, Puncak. Hal ini berimbas kepada meningkatnya volume kendaraan. Alhasil jalur Puncak terpantau padat sejak pagi hari.

Salah satu wisatawan, Dwi Srikandi (24) mengaku mempergunakan libur Tahun Baru Islam ini untuk berwisata bersama keluar pergi ke Taman Safari. Dirinya bersama dengan dua saudaranya berangkat sejak pukul 06.30 WIB dari kediamannya di Tambun, Bekasi Timur.

"Antrean di depan Gerbang Tol Ciawi cukup lama, tertahan sekiar 25 menit dan ternyata melewati gerbang tol malah tambah macet ke Puncak," kata Dwi, Sabtu (25/10/2014).

Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Bogor Ajun Komisaris Bramastyo Priaji menjelaskan, kenaikan volume kendaraan yang mengarah ke Cisarua, Puncak memang sudah terpantau sejak 06.00 WIB.

"Kepadatan volume kendaraan menyebabkan antrean kendaraan di beberapa ruas jalan seperti Gerbang Tol Ciawi, Persimpangan Gadog, Pertigaan Megamendung (cimory), Pasar Cisarua, Tugu (warung kaleng) dan Puncak (Masjid Atta'un)," papar Bram.

Semakin siang, lanjut Bram, kepadatan kendaraan menuju Puncak makin tinggi. Untuk itu Kepolisian memberlakukan sistem buka-tutup (one way) atau menyekat kendaraan dan memperbolehkan kendaraan lainnya menggunkan dua jalur.

"Hari ini (Sabtu) diprioritaskan bagi kendaraan yang ke atas (Cisarua-Puncak) dan Minggu diperioritaskan kendaraan ke bawah (Bogor-Jakarta)," ucap Bram.

Sejak Sabtu pagi, permberlakuan satu arah sudah dilakukan, menurut Bram, sekitar pukul 08:00 diberlakukan satu arah menuju Bogor-Jakarta. Hal itu dilakukan untuk mengurai kendaraan yang dari atas.

"Dan sekarang sudah diberlakukan satu arah ke atas (Cisarua-Puncak). Untuk durasi dan berapa kali dilakukan satu arah sifatnya tentatif melihat situasi di jalan," tambah Bram.

Pantauan Liputan6.com, saat ini cuaca di sekitar Cisarua-Puncak terlihat cerah berawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini