Sukses

Tim Transisi: Pengumuman Kabinet Jokowi Minggu 26 Oktober

Sebelum mengumumkan, Jokowi meminta KPK dan PPATK untuk memeriksa rekam jejak calon menteri.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) batal mengumumkan kabinet menteri pemerintahan pada Jumat 24 Oktober 2014 malam. Mantan Deputi Tim Transisi Andi Widjajanto mengatakan menteri-menteri terpilih akan dibeberkan ke publik pada Minggu 26 Oktober 2014.

"Pengumuman jam 4 sore Minggu (26 Oktober)," ujar Andi di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat, (25/10/2014).

Dia menjelaskan, pengumuman kabinet pada Minggu atau 2 hari mendatang itu diputuskan demi memberikan waktu bagi calon menteri untuk mengajak suami atau istri mereka saat bertandang ke Istana untuk menemui Jokowi.

"Sekaligus memberikan kesempatan membawa istri atau suami bagi para menteri-menteri yang dipilih," kata Andi.

Pakar ilmu politik dan hubungan internasional itu menambahkan, pelantikan para menteri terpilih tersebut akan dilakukan pada Senin 27 Oktober 2014. Sejak itu, para menteri bisa langsung bekerja.

Sebelumnya Jokowi mengatakan ada 33 menteri yang akan membantu pemerintahannya. Jokowi pun menyerahkan sejumlah calon menteri itu ke KPK untuk diperiksa rekam jejaknya.

Dari hasil penelusuran KPK, beberapa nama di antaranya dinyatakan terindikasi dugaan kasus korupsi. Setelah menerima rekomendasi KPK, Jokowi kemudian menggodok ulang nama-nama calon menteri, dan menyerahkan nama baru ke KPK untuk diselidiki.

Jokowi sebelumnya juga mengirimkan surat perubahan nomenklatur susunan kabinet ke DPR. DPR kini sudah memberikan surat balasan terkait perubahan dalam struktur kabinet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini