Sukses

Tahun Baru Islam, Santri Banten Atraksi Tarian Api

Sebagian dari santri melakukan atraksi tarian api atau yang lebih dikenal dengan fire dance.

Liputan6.com, Serang - Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1436 Hijriah diperingati oleh ratusan santri dan warga dengan berkeliling Kota Serang, Banten membawa obor sembari bersalawat dan meneriakkan lafaz takbir.

"Acaranya udah jadi tradisi tahunan. Dilakuin tiap Tahun Baru Islam 1 Muharam. Bawa obor itu maknanya pindah dari kegelapan menuju kehidupan yang terang," kata Ustad Muhid, salah satu pengajar pondok pesantren di Kota Serang (24/10/2014).

Guna lebih menyemarakkan 1 Muharam atau dikenal sebagai 1 Syuro di tanah jawa, sebagian dari santri melakukan atraksi tarian api atau yang lebih dikenal dengan fire dance.

Atraksi api ini dilakukan untuk mengungkapkan makna Hijrah ke tahun yang baru agar semakin lebih baik lagi. "Diharapkan dengan datangnya tahun baru ini, kehidupan umat manusia lebih baik lagi," terangnya.

Salah satu peserta pawai obor anak-anak mengaku senang dengan rangkaian acara tersebut. Dia pun mengaku dengan mengikuti perayaan itu, ia bisa lebih memaknai arti Tahun Baru Hijriah lebih khidmat lagi.

"Seneng, bisa ngerayain sama maknain tahun baru Islam," kata Salsabilah soal Tahun Baru Islam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini