Sukses

Andi Widjajanto: Kabinet Jokowi Sudah Bisa Diumumkan

Mantan Deputi Tim Transisi Andi Widjajanto mengatakan, pengumuman kabinet pemerintahan Jokowi dapat dilakukan malam ini.

Liputan6.com, Jakarta - Pengumunan susunan Kabinet Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) diperkirakan akan dilakukan pada malam ini. Mantan Deputi Tim Transisi Andi Widjajanto mengatakan, pengumuman kabinet pemerintahan dapat dilakukan malam ini walau Jokowi belum menjawab balasan surat pertimbangan ‎dari DPR.

"Tidak harus menunggu, sudah bisa diumumkan. Lagu pula, DPR sudah menyatakan pertimbangannya sudah selesai. Dan kan memberikan pertimbangan bukan persetujuan atau tidak setuju," ujar Andi di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat, (25/10/2014).

Dia memastikan, pengumuman malam ini dilakukan di Istana. Selain itu, menurutnya,  pertimbangan DPR tetap bisa diimplementasikan meski pengumuman kabinet lebih dulu dilakukan.

"Tentunya akan kami lihat ya pertimbangan DPR apa. Jadi masih ada waktu misalnya sebelum pelantikan untuk katakanlah mengakomodasi usulan DPR tentang nama kementerian misalnya," kata Andi.

Dia menambahkan, lantaran telah selesai dan sudah ditandatangani oleh Piminan DPR, semestinya surat tersebut malam ini sudah dapat diterima Jokowi. Namun, karena terkendala waktu, surat tersebut belum diterima.

"DPR menyatakan surat pertimbangan malam ini selesai. Tadinya mau diantar malam ini, tapi karena masalah waktu, akan diantar besok pagi," tandas Andi.

Sebelumnya Jokowi mengatakan ada 33 menteri yang akan membantu pemerintahannya. Jokowi pun menyerahkan sejumlah calon menteri itu ke KPK untuk diperiksa rekam jejaknya.

Dari hasil penelusuran KPK, beberapa nama di antaranya dinyatakan terindikasi dugaan kasus korupsi. Setelah menerima rekomendasi KPK, Jokowi kemudian menggodok ulang nama-nama calon menteri, dan menyerahkan nama baru ke KPK untuk diselidiki. Presiden ke-7 RI itu juga mengirimkan surat perubahan nomenklatur susunan kabinet ke DPR.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini