Sukses

Ruman Aceh, Manfaatkan Sampah Jadi Hiasan

Anak-anak antusias sekali mengikuti kegiatan ini

Citizen6, Jakarta Lembaga Pendidikan RUMAN (Rumah Baca Aneuk Nanggroe) Aceh mengajarkan handicraft (keterampilan tangan) berbahan sampah kepada anak binaannya. Kegiatan sederhana itu dilaksanakan pada Kamis (23/10) siang hingga petang di base camp RUMAN di gampong Punge Blang Cut, Kecamatan Jaya Baru, Banda Aceh.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 25 anak usia kelas 3 hingga 6 SD (Sekolah Dasar. Mereka dibagi menjadi 4 kelompok.  Mereka diajarkan keterampilan tangan membuat hiasan gantungan di jendela dari bahan sampah atau barang bekas seperti gelas minuman Aqua, Ale-ale, Mount Tea dan sebagainya.

Terkait dengan bahan baku, anak-anak hanya mencari gelas atau botol bekas di sekitar lingkungan mereka. Sedangkan perlengkapan seperti gunting, lem, cat dan lainnya disediakan oleh RUMAN Aceh.

Menurut Riski Sopya, S.Pd., Sekretaris RUMAN Aceh, kegiatan tersebut setidaknya memiliki tiga tujuan. Pertama, mendorong anak-anak menjaga dan mencintai kebersihan lingkungan hidup.

Kedua, merangsang kreatifitas anak-anak dengan memanfaatkan sampah atau barang bekas. Ketiga, menanamkan kesadaran kepada anak-anak bahwa hiasan cantik tidak harus selalu mahal. Namun, bila kreatif, bisa juga dibuat dari barang bekas.

“Anak-anak antusias sekali mengikuti kegiatan ini. Selain tiga tujuan tersebut, mereka juga secara tidak langsung kita biasakan bekerja sama dalam kelompok-kelompok kecil seperi hari ini”, ungkap Riski Sopya.

Sementara itu, Direktur RUMAN Aceh, Ahmad Arif menuturkan bahwa anak-anak belajar dan mengaji setiap hari Senin hingga Kamis. Namun, Kamis menjadi lebih spesial karena mereka diajarkan life skill yang akan menjadi modal mereka di masa hadapan.

Pengirim:




Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.