Sukses

JK: Pengumuman Menteri Kabinet Jokowi Bisa Sore Ini

Meski begitu, JK mengakui pengumuman menteri Jokowi itu masih menunggu hasil verifikasi KPK.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyatakan pengumuman nama-nama menteri kabinet Jokowi telah siap dilakukan. Meski begitu, saat ini pihaknya tengah menunggu KPK menyerahkan hasil verifikasi rekam jejak para menteri.

"(Pengumuman nama menteri) Tunggu KPK," kata JK di Kantor Wapres, Jakarta, Jumat (24/10/2014).

JK mengungkapkan hasil verifikasi KPK itu akan diterima pada sore nanti. Untuk itu, lanjut dia, pengumuman menteri bisa langsung digelar setelah menerima penilaian dari KPK tersebut. "Selama tidak ditolak lagi (tidak ada tanda merah), bisa sore ini," tegas JK.

"Ya pokoknya tergantung, tergantung KPK. Kalau ada yang merah-merah lagi, kuning-kuning lagi (bisa batal lagi pengumuman menteri)," imbuh dia.

JK pun memberikan tenggat waktu untuk pengumuman nama menteri. Yakni sebelum Senin 27 Oktober 2014. Dengan begitu, kuat dugaan pengumuman Kabinet Jokowi-JK akan dilakukan hari ini.

"Pokoknya sebelum Senin. Iyalah, ini kan besok libur, Minggu libur, Senin," ujar JK.

JK juga menambahkan, pihak pemerintah tidak menunggu pertimbangan DPR terkait perubahan nomenklatur kementerian. Alasannya, perubahan yang dilakukan itu tidak substansial.

"Kan ada 2 kementerian. Kementerian yang harus ada itu 16 kementerian. Kalau itu yang mau diubah, itu harus dengan mutlak. Katakanlah Mendagri dihilangkan atau luar negeri dihilangkan, hukum, keuangan, tapi ini kan kementerian yang tidak tercantum dalam UU itu," imbuhnya.

Menurut dia, perubahan nomenklatur itu hanya sedikit dan tidak bersifat fundamental. "Hanya menggabung," tandas JK. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.