Sukses

Anies: Jokowi Punya Waktu 14 Hari Pilih Menteri

Presiden Jokowi hingga kini belum mengumumkan susunan kabinet atau menteri yang akan membantu menjalankan program kerja pemerintahannya.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi hingga kini belum mengumumkan susunan kabinet atau menteri yang akan membantu menjalankan program kerja pemerintahan mendatang. Baik Jokowi maupun Wakilnya, JK masih menyeleksi sejumlah nama yang kabarnya akan menduduki salah satu kementerian.

Menurut mantan Deputi Tim Transisi Pemerintahan Jokowi-JK, Anies Baswedan, belum diumumkannya nama menteri hingga hari kelima pelantikan presiden dan wakil presiden sekarang ini merupakan hal yang wajar. Sebab, Jokowi dan JK masih punya waktu beberapa hari untuk memikirkan secara matang komposisi kabinetnya sehingga tidak timbul masalah ke depannya.

"Ini proses politik yang panjang dengan diseleksi KPK. Ini adalah langkah sejarah Indonesia akan lebih bersih jika orang-orang yang bekerja atas nama publik untuk kepentingan publik memang klir," ujar Anies di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (24/10/2014).

"Presiden punya waktu 14 hari untuk membentuk kabinet. Jadi kenapa teman-teman yang mendorong?" lanjut Anies.

Mantan Juru Bicara pasangan Jokowi-JK saat kampanye Pilpres 2014 ini juga membantah adanya tekanan kepada presiden sehingga susunan kabinet belum diumumkan. "Pak Jokowi sih itu biasa santai, penuh senyum. Kita beberapa hari tidak bertemu. Jadi kita ngobrol saja," tandas dia.

Hari ini Anies Baswedan dipanggil ke Istana Merdeka oleh Jokowi. Rektor Universitas Paramadina ini pun disebut-sebut sebagai salah satu kandidat kuat untuk mengisi salah satu jabatan menteri.

"(Berbicara) Macam-macam, pendidikan, pertanian," pungkas Anies Baswedan saat ditanya ihwal pembicaraannya dengan Jokowi dan JK.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini