Sukses

JK: Belum Ada Menteri, Pemerintah Tidak Otopilot

Sudah 5 hari Jokowi-JK menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden. Namun, kabinet belum juga terbentuk.

Liputan6.com, Jakarta - Sudah 5 hari Jokowi-JK menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden. Namun, kabinet belum juga terbentuk.

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan, meski belum ada menteri-menteri yang bekerja, pemerintahan Indonesia tidak berjalan otopilot. Sebab, 34 kementerian yang merupakan peninggalan SBY, masih bekerja sebagaimana fungsinya.

"Tidak otopilot, kan ada presiden dan wakil presiden, itu kan yang lainnya kru, pilotnya presiden dan wakil presiden," tegas JK di Kantor Wapres, Jakarta, Jumat (24/10/2014).

Bila ada kebijakan yang perlu diambil dari pos kementerian tertentu, lanjut JK, maka Sekjen dan Dirjen dari kementerian tersebut yang akan berkomunikasi langsung dengan Presiden Jokowi atau diwakilinya.

"Ya kan ada Sekjen masing-masing, dan ada Dirjen masih jalan (di kementerian)," ujar dia.

Namun, sambung JK, sejauh ini belum pernah ada Sekjen ataupun Dirjen dari pos-pos kementerian yang komunikasi dengan Presiden Jokowi. JK menjelaskan ada skala prioritas yang harus ditentukan. Untuk saat ini, prioritas utama adalah membentuk kabinet.

"Kan yang perlu ditetapkan ini dulu. Pembentukan kabinet dulu," kata JK.

Namun, ketika ditanyakan kapan pengumuman kabinet, JK tak memberikan jawaban yang konkret. Ia meminta agar masyarakat menunggu dan memastikan pengumuman akan dilakukan dalam waktu dekat.

Sebelumnya, Deputi Tim Transisi Andi Widjajanto menjelaskan penyusunan kabinet Jokowi-JK sudah memasuki tahap hampir sempurna, yaitu 99 persen. JK sendiri tak mau menanggapi berlebihan terkait pernyataan Andi tersebut.

"Tunggulah, sabar-sabar sedikit," tandas JK.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini