Sukses

Nama Menteri-Menteri Kabinet Jokowi Sudah Final

Namun, nama-nama menteri Jokowi itu belum bisa diumumkan malam ini. Kenapa?

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Deputi tim transisi pemerintahan Jokowi-JK, Andi Widjajanto, menyebut nama-nama menteri yang akan bergabung dalam kabinet pemerintahan mendatang sudah final. Jokowi sudah menentukan 34 nama yang akan menjadi pembantunya.

"Tadi selesai jam 4 sore, relatif hampir semua posisi terisi. Ya, sudah (fix)," ujar Andi Widjajanto di Istana Negara, Jakarta, Kamis (23/10/2014).

Terkait finalisasi nama menteri tadi, kata Andi, tidak mesti calon yang akan menjadi pembantu presiden tersebut seluruhnya dipanggil oleh Jokowi.

"Ada beberapa orang yang Pak Jokowi sudah kenal baik, sudah bekerja sekian lama. Jadi tidak perlu lagi dilakukan (pemanggilan), dan Pak Jokowi hanya perlu menelepon untuk menanyakan," jelas dia.

Kendati begitu, nama-nama tersebut lanjut Andi belum dapat diumumkan malam ini. Sebab, pihak Jokowi-JK harus menunggu pertimbangan atau surat balasan dari DPR yang ditunggu sampai Rabu 29 Oktober.

"Pengumumannya mempertimbangkan etika hubungan kelembagaan karena ada surat yang dilayangkan Pak Jokowi ke DPR. Itu tujuh hari sejak suratnya diterima di Sekjen DPR. Jadi, Rabu itu batasnya," terang Andi.

Namun, sambung Andi, bisa saja DPR memberikan pertimbangan mengenai kementerian yang diserahkan Jokowi itu sebelum jatuh tempo.

"Besok bisa saja, karena Undang Undangnya juga tidak secara detail. Jadi apakah cukup ketua DPR yang melayangkan surat ke presiden atau bahkan harus melakukan paripurna itu internal DPR," pungkas Andi. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini