Sukses

Pengumuman Kabinet Jokowi Dalam Penilaian Koalisi Merah Putih

KMP menduga, nama menteri belum bisa diumumkan lantaran banyaknya pihak yang harus diakomodir pemerintahan Jokowi-JK.

Liputan6.com, Jakarta - Hingga hari ke-3 pasca-pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI, Joko Widodo belum juga mengumumkan kabinetnya. Sempat ada kabar Jokowi akan mengumumkan kabinetnya pada 21 atau 22 Oktober kemarin. Namun hingga saat ini nama-nama menteri yang akan duduk di kabinet belum juga diumumkan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Kamis (23/10/2014), kondisi ini membuat Koalisi Merah Putih (KMP) menilai ada ketidaksamaan pendapat antara Presiden Jokowi dan Wapres JK terkait kabinet yang akan mereka bentuk.

Politisi PKS Hidayat Nur Wahid mengatakan, sebaiknya Jokowi segera mengumumkan nama-nama menteri dalam kabinetnya sesuai dengan janji yang ia lontarkan.

"Sewajarnya memang apa yang beliau nyatakan dulu pada tanggal 21 Oktober diumumkan, memang sedang diumumkan. Tapi nyatanya sampai hari ini belum diumumkan. Apa pun ya kita berharap kewajaran yang dipersepsikan oleh publik karena dikomunikasikan sendiri oleh Pak Jokowi," kata Hidayat.

Sementara itu, politisi Partai Golkar yang juga jurubicara KMP Tantowi Yahya menilai, ada perbedaan pendapat antara Jokowi dan JK. Namun demikian, ia menyatakan itu hanya sebuah asumsi.

"Ini kan masa-masa bulan madu. Lah, kalau pada masa bulan madu saja sudah satu ke kanan satu ke kiri, gitu ya. Mudah-mudahan asumsi kami salah," kata Tantowi.

Namun perbedaan tersebut dianggap dapat merugikan masyarakat dan menimbulkan citra buruk bagi pemerintahan Jokowi-JK bila kondisi seperti ini sering terjadi.

"Tapi kalau ini nanti terpelihara, tanda kutip terpelihara, ya yang rugi rakyat," tambah Tantowi.

Menurut kedua politisi tersebut, idealnya Jokowi segera mengumumkan anggota kabinetnya jika pemerintahannya ingin langsung bekerja. Sebab mereka mempunyai banyak waktu untuk mencari calon menteri sejak diumumkannya sebagai pemenang pemilu beberapa waktu lalu.

KMP menduga, nama menteri belum bisa diumumkan lantaran banyaknya pihak yang harus diakomodir pemerintahan Jokowi-JK.

Baca juga:

PKS Minta KPK Usut Dugaan Korupsi 8 Nama Calon Menteri Jokowi

Tunda Umumkan Susunan Kabinet, Jokowi Tertekan?

Tantowi Yahya: Langkah Jokowi Melibatkan KPK dan PPATK Cerdas

(Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini