Sukses

Pipa Bocor Ditemukan, Pertamina Pastikan Pasokan Solar Lancar

Kebocoran tersebut membuat Sungai Cimulu dan sumur warga Tasikmalaya tercemar. Ikan-ikan di sungai juga mati akibat pencemaran solar.

Liputan6.com, Tasikmalaya - Setelah melakukan pencarian selama 2 hari, PT Pertamina (Persero) akhirnya berhasil menemukan titik pipa penyalur solar yang diduga bocor. Alat berat dilibatkan untuk mempercepat pencarian titik kebocoran.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Kamis (23/10/2014), titik pipa yang bermasalah tersebut ditemukan di kedalaman 3 meter dari permukaan tanah. Pipa tersebut langsung diperbaiki agar bisa kembali berfungsi dengan normal.

Namun petugas dari Pertamina menjelaskan, permasalahan tersebut bukan akibat kebocoran melainkan merembesnya solar dari pipa sehingga keluar dan mencemari Sungai Cimulu di Tasikmalaya, Jawa Barat. Dengan demikian, tidak ditemukan adanya kebocoran berupa lubang pada pipa.

Perbaikan ini membuat Pertamina bisa kembali mengalirkan solar melalui pipa tersebut. Pertamina juga memastikan pasokan bahan bakar berupa solar dari Cilacap, Jawa Tengah ke Tasikmalaya, Jawa Barat akan kembali lancar.

Sebelumnya, pipa yang menyalurkan solar dari Cilacap ke Tasikmalaya milik perusahaan pelat merah ini dilaporkan bocor. Kebocoran tersebut mengakibatkan Sungai Cimulu dan sumur warga tercemar. Selain itu 45 kolam ikan milik warga juga rusak. Warga berharap Pertamina mengganti kerusakan yang ditimbulkan akibat bocornya solar tersebut.

Baca juga:

Pipa Pertamina Bocor, Sungai dan Sumur Warga Tasikmalaya Tercemar

Polda Bali: 4 Tersangka Pembunuh Bule Inggris Sudah Ditetapkan

Gedung Parlemen Ditembaki, Kanada Tetapkan Status Siaga I

(Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini