Sukses

BBM Naik, Jokowi-JK Siapkan Bantuan Sosial Rp 5 Triliun

Dengan dana bantuan yang besar, pemerintahan Jokowi-JK meminta masyarakat tak perlu khawatir dengan kenaikan BBM.

Liputan6.com, Jakarta - Sejak sebelum dilantik, Pemerintahan Jokowi-JK berencana menaikkan harga Bahan Bakar minyak (BBM). Menghadapi rencana kenaikan ini, Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta masyarakat tak perlu khawatir atas imbas kenaikan harga BBM tersebut.

Menurut JK, pemerintah sudah menyiapkan anggaran untuk bantuan sosial. Jumlahnya pun cukup besar. "Anggarannya sudah ada," kata Jusuf Kalla di Kantor Wapres, Jakarta, Kamis (23/10/2014).

Jusuf Kalla menyebutkan, anggaran yang disiapkan sebesar Rp 5 triliun, sehingga masyarakat tak perlu khawatir. "Sudah ada Rp 5 triliun," kata JK.

Santer terdengar pemerintah akan menaikkan harga BBM sebesar Rp 2.000 atau Rp 3.000. Bisa dipastikan kenakan ini akan berdampak pada kenaikan biaya produksi dan harga jual sebuah produk. Tapi JK kembali menegaskan agar masyarakat, termasuk produsen dan konsumen, tak mengkhawatirkan kenaikan itu.

Selain menenangkan masyarakat dengan menyiapkan dana bantuan sosial Rp 5 triliun, pada Rabu 22 Oktober kemarin, Presiden Jokowi memanggil Panglima TNI, Kepala Staf Angkatan Darat , Kepala Staf Angkatan Udara, Kepala Staf Angkatan Laut, Kapolri, dan Kepala BIN untuk berkoordinasi terkait keamanan saat kenaikan BBm diumumkan.

Seperti disampaikan Panglima TNI Jenderal Moeldoko, Presiden Jokowi meminta mereka untuk menjaga keamanan dan mengantisipasi demo ricuh saat kenaikan BBM. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini