Sukses

Onliner Sabar Menunggu Kabinet Jokowi yang Bersih

Sampai hari ini kabinet Jokwi belum diumumkan juga.

Citizen6, Jakarta Pencarian menteri yang benar-benar bersih untuk kabinet bukan suatu hal yang mudah. Bahkan, Presiden RI Joko Widodo harus kembali mengurungkan niat mengumumkan nama-nama “pembantunya”, yang semula akan disampaikan ke publik pada hari Rabu, 22 Oktober 2014, malam.

Entah apa yang terjadi di balik pembatalan pengumuman daftar menteri tersebut, dan entah apa yang ada di pikiran pria yang disapa Jokowi tersebut. Berbagai spekulasi pun muncul di area publik. Sejak pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada Senin, 20 Oktober 2014, hingga Kamis, 23 Oktober 2014, siang, Awesometrics menangkap 1800-an percakapan khusus dengan keyword “korupsi” yang dikaitkan pada kata ”menteri”, “kementerian”, dan “departemen”.

Selama 3 malam ini, isi percakapan umumnya adalah ungkapan dan harapan rakyat bahwa Jokowi akan memilih menteri-menteri yang bersih atau bebas korupsi di jajaran kabinetnya mendatang.

Pemilik akun @RustamIbrahim pun menyatakan pendapat bahwa lebih baik bersabar menunggu pengumuman daripada meminta Jokowi tergesa-gesa mengumumkan nama-nama menteri dan ternyata para menteri itu terindikasi korupsi.

Rustam Ibrahim @RustamIbrahim memposting, "Bagi saya, daripada punya menteri dekat dengan korupsi, lebih baik menunggu beberapa hari, tapi punya menteri benar2 bersih @fadjroeL"
 
Pemilik akun yang mengindentifikasi dirinya sebagai “Chairman of LP3ES Supervisory Board, Board of Komunitas Indonesia untuk Demokrasi (KID)” ini menuliskan statusnya tersebut pada pk 05.59 pagi ini, dan statusnya hingga pk 11.00 pagi ini sudah diretweet paling banyak hingga 31 kali.

Sementara para Facebooker juga berharap menteri di kabinet Jokwi juga harus bebas korupsi. Beberapa status mereka:

- James Palinggam Immanuel:
Para Menteri harus keluar dari Partai dan siap kerja 24 Jam buat Rakyat dan bila Korupsi harus disita semua hartanya ....Hayo buat perjanjian tertulisnya ....Jayalah Negriku Jayalah Indonesia ....eeit satu lagi ,siapapun dan dari kelompok manapun yg penting ; Mau kerja keras ,Jujur dan tidak minta fasilitas mewah2....     22/Oct/2014 18:16 WIB
 
- Pieters Christian:
Jangan lupa bhw korupsi yg terjadi di kementerian bisa terjadi krn lincahnya para birokrat dibawahnya spt dirjen, sekjen atau esilon2 utama yg telah bercokol belasan tahun di kementerian itulah yg lihai bag cari duit haram. Biar Menterinya ok , birokratnya boborok, liat aja nanti akibatnya. Pasti rame lagi kasihan JW     22/Oct/2014 22:58 WIB

-Cynthia Adaningsih: 
Siapapun menteri nya dlm kabinet Jokowi, yg penting mrk profesional dan bekerja sungguh2 tnpa cela (tnp korupsi  22/Oct/2014 11:09 WIB
 
- Bonny Melavianto:
"Selamat pak "telah menjadi presiden RI,tindak tegas para menteri bapak yg korupsi.(Se lalu semangat dan bersyukur atas ridho dari Allah)..pak Jokowi.     21/Oct/2014 11:19 WIB
 
Percakapan soal menteri yang bebas korupsi sudah meluas ke berbagai kota di Indonesia, dan di tiga kota yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, pengguna twitternya paling banyak yang mempercakapkan isu tersebut.



Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.