Sukses

Ketua PPATK: Kami Periksa 42 Nama Calon Menteri Kabinet Jokowi

KPK dan PPATK dimintai tolong oleh Presiden Jokowi untuk memeriksa rekam jejak calon-calon menteri di kabinetnya.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) Muhammad Yusuf mendatangi gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta. 2 Lembaga inilah yang dimintai tolong oleh Presiden Jokowi untuk memeriksa rekam jejak calon-calon menteri di kabinetnya.

Namun Yusuf enggan membeberkan ‎hasil penelusuran lembaganya itu. Yang jelas, lanjut dia, hasil penelusuran pihaknya melalui tracking rekening atau transaksi-transaksi calon menteri sudah diberikan kepada Jokowi.

"Kan ada 42 nama, sudah ditelusuri dan kami berikan," ujar Yusuf di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (22/10/2014).

Yusuf mengaku, kedatangannya ke kantor Abraham Samad itu bukan untuk bertemu dengan pimpinan KPK. Hari ini, dia datang untuk mengisi acara talk show yang diundang oleh kanal TV KPK.

"(Tadi) Saya tidak bicara dengan pimpinan KPK saya ke kanal TV," ujar Yusuf.

Sementara itu, Presiden Jokowi sudah menyerahkan nama-nama calon menteri untuk ditelusuri rekam jejaknya. Selain KPK, nama-nama calon menteri itu juga diserahkan kepada PPATK.

KPK sendiri menyebutkan memeriksa 43 nama calon menteri. Beberapa nama itu ada yang diberi tanda merah atau kuning. Ketua KPK, Abraham Samad menyatakan, tanda merah atau kuning itu merupakan indikator bagi yang bersangkutan mempunyai resiko tinggi berpotensi terkena masalah kasus korupsi.

Karenanya, KPK tidak merekomendasikan nama-nama yang diberi tanda merah dan kuning itu dipilih menjadi menteri di kabinet Jokowi-JK. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.