Sukses

Pengumuman Susunan Kabinet Jokowi di Pelabuhan Priok Batal

Hingga saat ini belum ada alasan yang jelas dari pihak Istana terkait pembatalan pengumuman susunan kabinet Jokowi-JK.

Liputan6.com, Jakarta - Rencana pengumuman susunan kabinet Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) di Dermaga Pet‎i Kemas III, Pintu 9, Pelindo, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, yang telah disiapkan sejak pagi tadi akhirnya batal. Belum jelas alasan pembatalan tersebut.

Padahal sebelumnya pihak Istana Negara maupun panitia penyelenggara yang mempersiapkan acara tersebut, telah memastikan kalau Jokowi malam ini akan mengumumkan kabinet pemerintahannya.

"Bukan batal, tapi bapak presiden tidak jadi ke sini," ujar Kasubag Biro Pers Istana Kepresidenan Rhina, saat memberi keterangan di lokasi acara, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (22/10/2014).

Terkait alasan pembatalan pengumuman susunan kabinet Jokowi-JK, Rhina menghindar para awak media. Hingga saat ini belum ada alasan yang jelas dari pihak istana terkait pembatalan pengumuman susunan kabinet Jokowi-JK.

Skenario Pengumuman

Berdasarkan informasi yang dihimpun Liputan6.com, pihak penyelenggara telah menyiapkan skenario acara. Pertama, Jokowi-JK akan berdiri di atas panggung mini yang membelakangi laut dan sebuah kapal yang dipenuhi tumpukan peti kemas.

Rencananya, pengumuman nama-nama susunan kabinet Jokowi-JK itu akan dilakukan pada pukul 20.00 WIB. Jokowi nantinya akan datang ke lokasi acara dengan menaiki sebuah kapal cepat. Lampu-lampu sorot, pun akan menyambut Jokowi-JK hingga naik ke atas panggung yang memanjang itu.

Tidak hanya sendiri, Jokowi nantinya akan didampingi para calon menterinya yang akan dilantik. Mereka bersama Jokowi akan berdiri di atas panggung tersebut.

"Setelah kapal yang ditumpangi pak presiden bersandar, mereka para menteri itu ikut mendampingi hingga ke atas panggung," kata salah satu petugas pelabuhan yang enggan menyebut namanya.

Sebelum naik ke atas panggung, Jokowi-JK dan para calon menterinya itu langsung diberikan helm pelindung berwarna oranye dan rompi pelindung yang biasa digunakan para petugas pelabuhan yang sedang bekerja. Helm-helm itu ditempatkan di sebuah meja, terlihat jumlah helm-helm tersebut sebanyak 33 helm.

Sekadar gambaran, tempat Jokowi menyampaikan pengumuman kabinetnya yaitu sebuah panggung mini yang memanjang. Panggung tesebut membelakangi laut dengan latar belakang 2 kapal pengangkut peti kemas yang berisi penuh tumpukan peti kemas.

Di atas panggung yang beralaskan karpet berwarna abu-abu itu terdapat satu mikrofon dengan tiangnya. Mic itulah yang akan digunakan untuk Jokowi menyampaikan susunan kabinetnya. Sementara itu, di samping kanan dan kiri terdapat tumpukan peti kemas yang siap yang mengapit panggung dan lokasi acara tersebut.

Rencananya, saat Jokowi membuka acara, lampu sorot yang telah dipersiapkan langsung mengarak ke Jokowi. Para menterinya juga berada di belakang Jokowi. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini