Sukses

140 Ribu Watt Disiapkan untuk Jokowi Umumkan Menteri

Pihak pelabuhan langsung menyiapkan berbagai peralatan teknis seperti pengeras suara, penerangan, panggung untuk Jokowi umumkan menteri.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) malam ini dikabarkan akan mengumumkan susunan kabinet pemerintahannya di ‎Dermaga Pet‎i Kemas III, Pintu 9, Pelindo, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Berbagai persiapan pun telah dilakukan sejak Rabu pagi tadi hingga petang ini.

Seorang petugas dari Pelabuhan Peti Kemas mengatakan, setelah mendapatkan kepastian bahwa Jokowi akan mengumumkan susunan kabinet di pemerintahannya, pihak pelabuhan langsung menyiapkan berbagai peralatan teknis seperti pengeras suara, penerangan, panggung juga hal-hal bersifat teknis lainnya.

Karena acara tersebut akan dimulai pada malam hari, pihaknya menyiapkan lampu-lampu yang terang. Pihaknya juga menyiapkan pengeras suara agar saat penyampaian pengumuman suara Jokowi terdengar dengan jelas.

"Total untuk penerangan kita sudah atur dan persiapkan. Total untuk daya listrik yang dikerahkan untuk menunjang acara ini sebesar 140 ribu watt. Agar suara beliau terdengar jelas, ada 52 speaker yang juga kita sudah siapkan," ucap sumber yang tidak mau disebutkan namanya itu.

Ia juga mengatakan, pihaknya telah menyiapkan panggung dan spot yang dianggap paling pas untuk tempat berdirinya panggung Jokowi.

Pantauan Liputan6.com, tempat Jokowi menyampaikan pengumuman kabinetnya yaitu sebuah panggung mini yang berbentuk memanjang dengan lokasi yang berada membelakangi laut dengan latar dua kapal pengangkut peti kemas yang berisi penuh tumpukan petikemas.

Di atas panggung yang beralaskan karpet berwarna abu-abu itu terdapat satu mikrofon dengan tiangnya. Mic itulah yang akan digunakan untuk Jokowi menyampaikan susunan kabinetnya. Sementara itu, di samping kanan dan kiri, terdapat jajaran tumpukan peti kemas yang siap yang mengapit panggung dan lokasi acara tersebut.

Petugas Pelabuhan Peti Kemas mengatakan, pihaknya telah menyiapkan lokasi tersebut sejak pagi tadi, namun kepastian kalau Dermaga III menjadi tempat pengumuman susunan kabinet Jokowi-JK baru didapat pada siang tadi. "Kalau kepastiannya sudah kita dapatkan baru tengah hari tadi. Sekitar pukul 12 siang lah," kata dia.

Acara itu sendiri rencananya akan dimulai pada pukul 19.00 WIB. Jokowi sendiri rencananya akan datang pada pukul 18.45 WIB. "Bapak datang jam 7 kurang 15 menit," kata dia. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini